Kebiasaan menggigit kuku/almanac.com
Health

Obat Kumur Belum Banyak Digunakan Orang Indonesia

Deandra Syarizka
Kamis, 29 Januari 2015 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kebersihan rongga mulut dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur adalah salah satu upaya memelihara kesehatan tubuh secara optimal. Sayangnya, hasil survey Listerine menyatakan dari 947 responden yang mayoritas berdomisili di beberapa kota besar di Indonesia, baru sekitar 46% responden yang sudah memiliki kebiasaan rutin kumur dengan obat kumur atau mouthwash.

Menurut Senior Bran Manager PT. Johnson & Johnson, kebiasaan masyarakat Indonesia yang  gemar menikmati aneka makanan dan minuman belum diiringi dengan pengetahuan dan kebiasaan perawatan gigi dan mulut yang baik.

“Orang Indonesia mindset-nya masih pengobatan, bukan perawatan jadinya merasa tidak relevan menggunakan mouthwash,” ujarnya dalam acara peluncuran Listerine Multi Protect, Kamis (29/01/2015).

Padahal, variasi makanan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia cukup banyak. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain kerupuk, teh, cokelat, es krim, minuman soda, keripik, kopi, kacang-kacangan, permen, makanan yang mengandung banyak asam, dan aneka es.

Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengemukakan,  menggunakan obat kumur dapat membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel di sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Meski begitu, dia mengingatkan  sikat gigi tetaplah yang utama, dan obat kumur tidak bisa berfungsi menggantikan sikat gigi.

“Mulut merupakan gerbang masuknya berbagai jenis penyakit, termasuk bakteri yang berkembang biak di dalam gigi, mulut dan gusi,” ujarnya. Dia juga menambahkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, asam, kafein dan bertekstur keras atau ekstrim panas dan dingin secara rutin tanpa diiringi perawatan yang baik dapat menyebabkan permasalahan gigi seperti berlubang, karies, plak dan gigi yang berubah warna.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro