Anak Manja/
Health

4 Tips Mengajarkan Disiplin Pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 Januari 2015 - 17:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Untuk menanamkan nilai-nilai yang baik dan disiplin pada anak-anak pasti menjadi salah satu tugas yang cukup berat bagi semua orang tua. Padahal semua orang tua ingin menanamkan disiplin pada anaknya.

Kadangkala, mereka menanamkannya terlalu keras, dan kadar. Hal itu, justru bukan membuat anak menjadi disiplin karena keinginan, namun hanya takut mendaoat marah dan kekerasan dari orang tuanya. Dan hal ini bisa langsung hilang dari dirinya setelah dia mampu merasa hidup sendiri. Karena itu, pakailah cara yang menyenangkan dan mampu diingat selamanya oleh anak Anda. Berikut tips mengajarkan disiplin pada anak Anda

Reward

Beri mereka reward atau pujian ketika mereka berbuat baik. Ini membantu banyak. Misalnya, ketika selama sebulan tidak ada satu keluhan dari sekolah tentang nya dalam disiplin atau dia telah menjadi anak yang baik ketika Anda pergi untuk beberapa pekerjaan.

Buat aturan dasar Buatlah daftar semua tindakan indisipliner dan hukuman untuk setiap tindakan. Ini akan membuat anak Anda berhati-hati dari perilakunya . Memantau tindakannya secara teratur, dan tidak membiarkan indisipliner tanpa hukuman. Juga , biarkan anak juga mengerti bagaimana mengerikan tindakan itu dan karenanya selalu menjaga perilakunya.

Cobalah taktik halus

Pastikan anak Anda mengerti manfaat disiplin tersebut untuk dirinya sendiri. Berikan pengertian baik-baik sampai dia merasa itu memang untuk kebaikannya sendiri. Maka, dia akan melakukannya untuk keinginan dirinya bukan karena paksaan.

Mengatur rutinitas Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk memperbaiki anak Anda . Oleh karena itu perlu bagi Anda mengatur aktivitas rutin tetap baginya seperti pergi ke kelas seni, bersepeda, olahraga, belajar. Hal ini akan membuatnya mengerti bahwa Anda memahami usia dan membuat ruang untuk hal-hal yang dia suka lakukan, ini akan memastikan bahwa ia menikmati kedisiplinan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro