Health

SURVEI:Orang Indonesia Belum Sadar 100% Pentingnya Kesehatan Gigi

Reni Efita
Jumat, 30 Januari 2015 - 07:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--JAKARTA -- Listerine, salah satu brand  mouthwash, mengumumkan hasil penelitiannya yang terbaru terhadap responden perkotaan. Berdasarkan studi terbarunya yang melibatkan sekitar 947 responden yang mayoritas berdomisili di beberapa kota besar di Indonesia menyimpulkan bahwa  89% responden mengetahui beberapa jenis makanan dan minuman berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut, namun sebagian besar dari mereka belum memiliki kebiasaan rutin merawat gigi dan mulut yang tepat.

Beberapa jenis makanan/minuman yang sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-sehari dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, namun bila tidak disertai dengan kebiasaan perawatan gigi dan mulut yang tepat maka dapat berdampak buruk. Hasil studi Listerine meneliti makanan dan minuman yang  sering dikonsumsi responden dalam 1 bulan terakhir yaitu kerupuk (80%), teh (78%), coklat (61%), es krim (51%), soft drink (35%), keripik (49%), kopi (48%), kacang-kacangan (54%), permen/manisan (44%), makanan/minuman yang mengandung banyak asam (+30%), aneka es (24%).

“Mulut merupakan gerbang masuknya berbagai penyakit, termasuk bakteri yang berkembang biak dalam gigi, mulut dan gusi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, asam, kafein, bertekstur keras atau ekstrim panas dan dingin secara rutin dan tanpa diiringi oleh perawatan yang baik dapat menyebabkan permasalahan seperti gigi berlubang, karies, plak dan juga gigi yang berubah warna (stained teeth). Hal ini dapat menimbulkan bahkan dapat menimbulkan kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun parun,“ kata Prof.Dr.drg.

Melanie Sadono Djamil, MBiomed, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Rabu (28/1/2015). Sementara itu,  Olavina Harahap, Senior Brand Manager , PT Johnson & Johnson mengatakan sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki gaya hidup yang suka menikmati aneka makanan dan minuman dengan berbagai kekayaan kuliner Indonesia, namun belum diiringi dengan pengetahuan dan kebiasaan akan perawatan gigi dan mulut yang baik.

Oleh karena itu, katanya, Listerine mengajak konsumen untuk lebih peduli akan kesehatan gigi dan mulut sehingga dapat terus menikmati makanan tersebut tanpa ragu-ragu. Mayoritas responden hanya menyikat gigi dua kali sehari sebagai perawatan oral mereka, sedangkan hanya 46% responden yang sudah memiliki kebiasaan rutin kumur dengan mouthwash, dan hanya 42% yang sudah rutin ke dokter gigi secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro