Pedagang merapikan buah apel impor/Ilustrasi-JIBI Photo
Health

APEL AMERIKA MENGANDUNG BAKTERI: Batu Dijamin Bebas Granny & Gala

Mohammad Sofi'i
Jumat, 30 Januari 2015 - 17:14
Bagikan

Bisnis.com, BATU— Pemkot Batu Jawa Timur menjamin apel yang beredar di wilaya itu bebas apel impor berbakteri menyusul ditariknya apel jenis Granny Smith dan Gala yang diimpor dari Amerika Serikat (AS).

SIMAK: APEL AMERIKA MENGANDUNG BAKTERI: Pedagang Malaysia Pasok Apel Granny & Gala ke Nunukan

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu Samsul Bakri mengatakan jaminan tersebut diberikan setelah Diskoperindag melakukan sidak di sejumlah tempat penjualan buah dan gudang tempat pengepakan buah impor.

“Kami telah membentuk tim yang terdiri dari 12 orang untuk melakukan pemeriksaan terhadap apel yang dijual di pasaran,” kata Samsul, Jumat (30/1/2015).

Dari pemeriksaan yang dilakukan, ditemukan jika apel jenis Granny Smith dan Gala dijual di Batu Lippo Plaza. Namun, apel tersebut sudah ditarik dari peredaran dan tidak diperjualbelikan lagi.

Pihak Diskoperindag juga sudah berkordinasi dengan pihak manajemen Batu Lippo Plaza agar segera memusnahkan apel-apel tersebut karena apel diduga  telah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

“Apel jenis Granny Smith dan Gala yang kami temukan di Batu Lippo Plaza jumlahnya tidak terlalu banyak.”

Sisa Desember

Menurut manajemen Batu Lippo Plaza, apel tersebut merupakan sisa penjualan pada Desember 2014. Sedangkan pada Januari pengiriman apel dihentikan.

Di Batu Lippo Plaza terdapat sekitar 40 kg. Sedangkan, jenis Gala ada sekitar 100 kg. Sidak juga dilakukan di sejumlah supermarket lain di Batu yakni Alfamart, Indomaret, Pasar Besar Batu hingga pedagang yang berjualan di pinggir jalan juga tidak luput dari pemeriksaan.

“Bahkan petugas juga mendatangi gudang milik suplier buah impor yang ada di jalan Imam Bonjol Kota Batu,” ujarnya.

Gudang tersebut digunakan sebagai tempat pengepakan buah impor sebelum disalurkan ke toko dan swalayan. Selain apel buah jenis lain seperti pear, jeruk, sawo dan lain-lain  ada di tempat tersebut. Buah-buahan itu didatangkan suplier dari China, Jepang, Amerika  hingga Italia.

Tina Prayogo pemilik gudang buah impor mengatakan pihaknya tidak pernah mendatangkan dan mengedarkan apel jenis Granny Smith dan Gala di Kota Batu.

“Selama ini hanya mendatangkan buah dariChina , Italia, dan Australia. Ada juga apel dari Amerika, namun tidak berasal dari daerah Bidart Bros California,” ujarnya.

BACA JUGA:

KPK VS POLRI: Tak Ada Deal di Pertemuan Jokowi-Prabowo Kata JK

KPK VS POLRI: Kubu BG Curigai Jokowi-Prabowo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mohammad Sofi'i
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro