Tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi/clearhealthcenter.com
Health

Waspadai Tanda-tanda Dehidrasi Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Senin, 2 Februari 2015 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apa tanda-tanda dehidrasi. Bagaimana dehidrasi terjadi? Nah, kebanyakan dari kita tahu fakta bahwa tubuh terdiri dari 70 persen air. Juga, tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan kegiatan pada interval teratur.

Ketika air yang cukup tidak diberikan, dehidrasi terjadi. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi untuk jangka waktu yang panjang, perubahan tertentu terjadi dalam tubuh Anda dan beberapa dari mereka bahkan mungkin mengancam nyawa.

Ini adalah alasan mengapa disarankan untuk memasok tubuh Anda dengan air secukupnya. Sebenarnya, suhu tubuh Anda diatur berkat air. Sebagian besar dari kita telah belajar bahwa kita harus menyediakan setidaknya 6-8 gelas air untuk tubuh agar tetap sehat. Ketika kita mengabaikan kebutuhan tubuh, perubahan tertentu terjadi dan mereka tidak lain hanyalah tanda-tanda dehidrasi.

Jadi, sebelum dehidrasi membahayakan tubuh Anda, sebaiknya Anda mengetahui gejala jika Anda mengalami dehidrasi berikut ini:

Warna urine
Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda akan melihat bahwa warna urin Anda berubah. Warna akan lebih gelap. Kadang-kadang, tubuh Anda bahkan dapat menghentikan produksi urine untuk sementara waktu jika tubuh Anda benar-benar dehidrasi.

Sembelit

Ini adalah salah satu tanda-tanda pertama dari dehidrasi. Bangku Anda cenderung menjadi terlalu keras dan ini adalah bagaimana Anda cenderung mengalami sembelit ketika Anda mengalami dehidrasi.

Tidak ada air mata

Mata Anda cenderung kering ketika Anda mengalami dehidrasi. Mata Anda kurang pelumasan karena kurangnya air yang cukup dalam tubuh Anda. Pada situasi seperti ini, Anda bahkan tidak bisa meneteskan air mata.

Jantung berdebar-debar

Anda mengalahkan pola mendapatkan terganggu sedikit ketika Anda mengalami dehidrasi. Kurangnya air dalam tubuh Anda dapat memicu perubahan tersebut juga.

Berkeringat

Panaskan suhu tubuh Anda mungkin naik sedikit dan Anda cenderung berkeringat. Setelah berkeringat selama beberapa menit, tubuh Anda mungkin kehabisan air dan ini meningkatkan suhu tubuh Anda.

Elastisitas kulitberkurang

Kulit Anda cenderung kehilangan elastisitas ketika Anda mengalami dehidrasi. Anda harus memastikan bahwa Anda minum cukup air bahkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Otot kram

Apa yang banyak orang tidak tahu adalah fakta bahwa kram otot juga dapat terjadi sebagai akibat dari dehidrasi. Jika tubuh Anda kekurangan air, hal ini dapat terjadi.

Mulut kering

Bila Anda haus dan Anda tidak minum air, mulut Anda secara alami akan kering. Jadi, mulut kering adalah salah satu tanda-tanda awal dehidrasi.

Pusing

Pusing juga tanda lain dari dehidrasi. Anda mungkin mengalami BP rendah ketika tubuh Anda sangat membutuhkan air.

Muntah

Muntah dapat menyebabkan dehidrasi dan kadang-kadang, dehidrasi dapat menyebabkan Anda muntah.

Berlebihan buang air kecil

Anda cenderung buang air kecil lebih ketika Anda mengalami dehidrasi. Meskipun hal ini mungkin terjadi karena berbagai alasan, bahkan dehidrasi dapat menyebabkan hal ini.

Gagal ginjal

Ginjal Anda akan menghadapi waktu yang sulit ketika tubuh Anda kekurangan air. Kadang-kadang, mereka tidak akan mampu melakukan dengan baik dan hal ini akan menyebabkan kegagalan.

Koma

Jika dehidrasi tidak ditangani tepat waktu, dalam kesempatan langka, mungkin mengirim orang ke koma negara. Meskipun hal ini terjadi dalam kondisi yang jarang dan ekstrim, sangat penting untuk memasok air.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro