Infeksi saluran kemih/wikihow
Health

Awas, Sering Menahan Kencing Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

News Editor
Senin, 2 Februari 2015 - 15:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Terlalu sibuk di meja kerja atau berada di tengah perjalanan membuat kita sering menahan diri untuk tidak ke toilet. Pertanyaanya, berbahayakah kebiasaan tersebut?

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh memiliki kapasitas tertentu untuk menahan urin. Pada wanita, normalnya, tubuh hanya bisa menampung urin dalam waktu 3 jam saja.

Akan tetapi, masing-masing orang memiliki variasi sendiri mengenai berapa lama waktu menahan urin tersebut. Faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah banyaknya urin yang dihasilkan.

BACAAN LAINNYA: Investasi Saham Prospektif Tahun Ini, Indeks Bakal ke 6000?

“Perlu diketahui bahwa kapasitas tampungan urin hanya mampu mencapai maksimal 600 mililiter saja,” kata Benjamin Brucker, ahli urologi dari Amerika.

“Anda perlu tahu bahwa resiko terburuk dari kebiasaan menahan pipis adalah infeksi yang akan terjadi pada saluran kemih Anda. Maka dari itu, jangan pernah menahan pipis apabila Anda benar-benar punya waktu untuk ke toilet,” ujar Brucker.

Menurut dia, infeksi yang terjadi pada saluran kemih akan menyebabkan seseorang selalu merasa ingin kencing melebihi batas normalnya dan tentu saja ini sangat berbahaya. Selain itu, sering menahan kencing juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih karena bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro