Gaya/konnektrafica.net
Fashion

Kiat Tampil Gaya Dengan Cara Hemat

Tisyrin Naufalty Tsani
Jumat, 6 Februari 2015 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tampil bergaya dalam penampilan tidak melulu harus menggunakan barang mahal dengan brand tertentu yang harganya selangit.

Seseorang bisa saja tampil bergaya, modis, dan menarik dengan pakaian dia miliki jika mampu mengombinasikannya.

Bagi Anda yang ingin tampil gaya, tentu saja harus pandai-pandai mengatur keuangannya agar tetap bisa menikmati gaya hidup di kota besar, tanpa harus kebobolan. Beberapa trik berikut bisa dicoba untuk tetap bergaya, dengan isi kantong yang senantiasa terjaga.

Perencana keuangan Zelts and Janus (Zeus) Consulting Dwita Ariani mengatakan sebenarnya ada tipe orang dalam berbelanja. Pertama, orang yang sering berbelanja tapi hanya membeli barang-barang yang tidak berkualitas, dengan harga yang miring. Bisa jadi, karena bujet yang mereka punya juga pas-pasan.

Kedua, ada pula orang yang jarang berbelanja, namun saat berbelanja dia memilih barang yang benar-benar berkualitas. Barang-barang semacam itu biasanya juga dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Dia menyarankan opsi kedua karena jika mengikuti opsi pertama akan lebih boros. Mengapa? Karena barang yang tidak berkualitas cenderung mudah rusak. Jika barangnya rusak, muncul kebutuhan untuk membeli lagi.
Opsi kedua akan memberikan kepuasan yang lebih lewat kualitas barangnya yang baik.

Selain itu, perhatikan fungsi barang yang akan dibeli saat berbelanja. Saat punya keinginan, tahan dahulu sebelum mewujudkannya. Pikirkan matang-matang keinginan tersebut benar-benar penting atau tidak. “Perlu nggak sih keinginannya itu, pikirkan satu atau dua hari jangan tergesa-gesa,” katanya kepada Bisnis.

Untuk memuaskan diri, ada kiat yang bisa dicoba dari wanita berjilbab tersebut. Dwita menganjurkan agar menyisihkan uang setiap bulan sebanyak 2-3% dari penghasilan khusus untuk dihabiskan dengan cara bersenang-senang. Tapi, jangan dulu pakai uangnya, kumpulkan dalam jangka waktu tertentu, tujuannya agar punya dana yang besar.

Uang yang telah terkumpul nantinya bisa dipakai untuk memuaskan keinginan berbelanja atau kesenangan lainnya.

Contohnya, menyisihkan Rp500.000 per bulan, tahan dulu keinginan belanja. Setelah enam bulan akan terkumpul Rp3 juta. Dengan uang sebesar itu seseorang akan lebih puas membeli aneka barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro