Serangan jantung/ishn.com
Health

13 Gejala Awal Serangan Jantung Yang Sering Diabaikan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 11 Februari 2015 - 12:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sangatlah penting untuk Anda mengetahui tentang gejala serangan jantung, karena penyakit ini merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia.

Alasan utama mengapa penyakit ini dianggap berbahaya karena gejala awal tidak diketahui dan ketika serangan menyerang, terlalu terlambat untuk mendapatkan bantuan medis.

Jika usia Anda di atas 50 dan jika Anda memiliki kebiasaan seperti merokok dan kondisi seperti diabetes, BP, kolesterol dan kecenderungan genetik untuk penyakit jantung, sangat penting untuk menyadari gejala.

Berikut beberapa gejala yang umumnya tidak disadari orang merupakan gejala awal serangan jantung.

Sakit dada
Ini adalah salah satu gejala utama serangan jantung. Meski sakit dada bisa disebabkan faktor lain. Umumnya, nyeri dada yang berhubungan dengan serangan jantung terjadi ke arah sisi kiri jantung. Ini bisa menjadi sensasi terbakar.

Pusing

Orang yang menderita serangan jantung sering merasa pusing, meski irama jantung cenderung normal.

Gelisah
Salah satu tanda-tanda pertama serangan jantung adalah kecemasan. Beberapa orang menderita kecemasan yang sangat intens dan perasaan yang juga dapat menyebabkan takut mati juga.

Batuk
Jika batuk Anda terus-menerus dan bukan karena alasan lain seperti dingin atau merokok lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan diri Anda didiagnosa karena juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Dalam kasus yang jarang terjadi, korban serangan jantung juga dapat memuntahkan darah saat batuk.

Nafsu Makan berkurang
Sebelum serangan yang sebenarnya, orang mungkin kehilangan nafsu makan dan bahkan mungkin tidak merasa seperti makan apa-apa. Ini adalah salah satu tanda-tanda serangan jantung pada wanita.

Mudah lelah
Hal ini terutama terlihat pada wanita yang menderita masalah. Orang itu mungkin mengalami kelelahan setidaknya beberapa minggu sebelum terjadinya serangan jantung. Perasaan lelah mungkin karena alasan yang tidak jelas. (Tapi itu tidak berarti bahwa jika Anda sangat lelah, Anda akan menderita serangan jantung setelah beberapa hari.)

Mual
Mual tidak dapat dikesampingkan pada orang yang hatinya lemah. Muntah juga dapat terjadi. Ini adalah salah satu gejala serangan jantung pada wanita.

Irama jantung abnormal
Kadang-kadang, hati Anda mungkin berdetak dan tidak ada perlu khawatir tentang hal itu, tetapi jika irama jantung abnormal yang digabungkan dengan gejala lain seperti pusing, sesak napas dan kelemahan maka kita harus mencurigai kondisi.

Sakit Parah Pada Beberapa Tempat
Dalam sebagian besar kasus, nyeri terjadi pertama di daerah dada namun secara bertahap mulai menyebar ke berbagai daerah lain juga. Ini berarti bahwa daerah-daerah seperti perut, rahang, leher, siku, lengan dan bahu juga akan mulai paining. Meskipun ini mungkin tidak terjadi di semua kasus, hal ini bisa terjadi dalam kasus yang parah.

Berkeringat
Ini adalah salah satu gejala serangan jantung. Meskipun orang tersebut tidak bekerja keras berkeringat mungkin terjadi. Bahkan ketika Anda nyaman duduk di ruang ber-AC, jika berkeringat terjadi, Anda harus curiga. Dalam kasus seperti itu, bergegas ke dokter untuk konsultasi.

Masalah pernapasan
Meskipun sebagian besar masalah pernapasan umumnya terkait dengan asma, mereka juga dapat terjadi pada orang yang menderita serangan jantung. Orang mungkin merasa sangat sulit untuk bernapas ketika stroke terjadi.

Lemas

Beberapa korban serangan jantung mengatakan bahwa mereka bahkan tidak bisa bangun dari tempat tidur mereka sebelum beberapa hari dari serangan jantung. Badan lemas adalah salah satu gejala serangan jantung.

Bengkak dibeberapa bagian tubuh

Dalam beberapa kasus, lemah jantung dapat mengakibatkan pembengkakan akibat akumulasi cairan dalam sistem. Perut atau kaki seseorang dapat membengkak dalam situasi seperti itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro