Anak-anak/
Health

Asam Lemak Esensial Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Fitri Rachmawati
Jumat, 13 Februari 2015 - 16:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ahli Gizi Kesehatan Masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Masyarakat FKM Universitas Indonesia Dr Ratna Djuwita mengatakan jenis lemak yang terbaik untuk anak yaitu omega 6 atau unoleic acid dan omega 3 atau alpha linolenic acid atau sering disebut dengan asam lemak esensial.

"Asam lemak ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular pada orang dewasa," tuturnya Jumat (13/2).

Dia menjelaskan asam lemak ini penting untuk pembentukan sel membran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Selain itu penting untuk pembentukan hormon dan diperlukan juga dalam sistem saraf.

"Lalu, fungsi lainnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung yang terbentuk sejak usia dini, "katanya.

Karena tubuh tidak dapat menghasilkan asam lemak esensial ini, maka harus diperoleh dari makanan. Seperti omega 3 terdapat pada jenis makanan yaitu ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, edamame, minyak biji fax dan kacang walnut.

Sedangkan omega 6 terdapat pada jenis makanan seperti kacang kedelai, minyak nabati, minyak bunga matahari, minyak jagung, kacang tanah, telur ayamdan daging merah.

"Dari semua jenis makanan tersebut flax yang paling tinggi mengandung omega 3 yaitu  Flax. Sedangkan jenis makanan omege 6 yang paling tinggi kandungannya ada di  sunflowers seeds, "tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro