Perokok pasif/thenationat.net
Health

10 Penyakit Yang Mengancam Perokok Pasif

Mia Chitra Dinisari
Senin, 16 Februari 2015 - 10:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Kita semua tahu merokok itu berbahaya bagi kesehatan. Orang yang merokok disebut perokok aktif. Lalu apa perokok pasif? Ya, merokok pasif adalah seseorang yang tidak langsung menghirup tembakau dari rokok yang dihisap orang lain.

Efek merokok pasif banyak, tidak jauh berbahaya dari perokok aktif itu sendiri. Biasanya jenis perokok pasif adalah bayi, anak-anak dan juga kadang orang dewasa yang tidak merokok, namun hidup di lingkungan perokok.

Orang-orang memiliki banyak pertanyaan mengapa non-perokok yang tidak mengkonsumsi tembakau secara langsung, masih akan terpengaruh buruk karena menghirup asap tembakau tersebut?

Meskipun perdebatan dan penelitian tentang topik ini masih berlangsung, bukti telah membuktikan bahwa asap yang membakar dari ujung rokok, mungkin lebih beracun daripada asap utama yang diisap perokok.

Berikut beberapa dampak buruk asap rokok pada perokok pasif:

Kanker Paru-Paru
Perokok pasif rentan terhadap kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru pada individu-individu meningkat sekitar 20-30%. Perokok pasif umumnya mengidap lebih dari 4000 zat kimia, dimana hampir 69 diantaranya diketahui menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru.

Asma
Perokok pasif juga rentan menderita sakit asma

Jantung koroner
Ada bukti yang konsisten bahwa orang yang tidak merokok tetapi hidup dalam kehidupan berasap, memiliki risiko lebih tinggi penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak.

Serangan Jantung
Perokok pasif mengakibatkan darahnya menjadi lengket dan cenderung menyumbat, dengan demikian, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kematian pada ibu hamil
Ibu hamil yang menjadi perokok pasif dapat menyebabkan kematian dini

Bayi prematur

Dampak dari perokok pasif pada ibu hamil juga menyebabkan bayi lahir prematur.

 

Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS)
SIDS adalah Sudden Infant Death Syndrome, juga disebut pondok-kematian dan disebabkan pada bayi karena efek merokok pasif.

Anak tuli

Anak-anak yang terpapar asap rokok pasif lebih rentan terhadap infeksi telinga tengah, yang dapat menyebabkan ketulian.

Kegemukan
Perokok pasif mudah menjadi gemuk. Semakin Anda cenderung menghirup asap rokok, peningkatan tingkat nikotin membuat Anda gemuk.

Masalah pernapasan
Pernapasan adalah masalah yang sangat umum di kalangan perokok pasif, baik orang dewasa dan anak-anak. Penyembuhannyapun memerlukan waktu yang cukup panjang, kecuali jika Anda menyingkirkan efek dari merokok pasif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro