Sakit kepala/physiotherapylinks.com.au
Health

Berikut 14 Penyebab Sakit Kepala

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Februari 2015 - 14:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sakit kepala adalah salah satu masalah medis yang paling umum dikeluhkan. Pengobatan sakit kepala akan mungkin setelah mengidentifikasi penyebab sakit kepala. Ada dua jenis sakit kepala. Primer dan sakit kepala sekunder.

Sakit kepala primer sebagian besar disebabkan oleh over-aktivitas kimia dalam otak atau masalah dengan saraf atau pembuluh darah kepala. Hal ini juga dapat bisa turun-temurun. Ini berarti sakit kepala primer bukan merupakan gejala dari beberapa penyakit yang mendasari yang menyebabkan sakit kepala. Biasanya sakit kepala jenis ini tidak bergejala. Contoh dari sakit kepala primer adalah migrain.

Sakit kepala sekunder adalah hasil atau gejala dari beberapa penyakit yang mendasari seperti infeksi sinus akut, tumor otak dan stroke. Dalam sakit kepala ini hanya merupakan gejala dari penyakit tertentu. Jika penyakit diobati, maka sakit kepala juga dikurangi. Penyebab sakit kepala berbagai pemicu (rangsangan yang menyebabkan sakit kepala), seperti beberapa perubahan makanan, stres, polusi dan cuaca. Cara terbaik untuk menghindari sakit kepala adalah untuk mengidentifikasi pemicu Anda sehingga Anda dapat mencegah sakit kepala sebelum dimulai.

Cobalah untuk berpikir tentang apa yang Anda makan, aktivitas fisik, stres atau perubahan cuaca dan jika salah satu atau beberapa dari mereka menyebabkan Anda sakit kepala. Kemudian cobalah untuk menghindari pemicu ini. Tetapi jika Anda mengalami kronis atau sering sakit kepala, konsultasi pada dokter.

Berikut beberapa penyebab munculnya sakit kepala:

Dehidrasi terlambat makan
Jika Anda belum minum cukup air, dan terlambat makan, maka itu bisa menjadi alasan sakit kepala Anda. Cobalah minum 8 gelas air putih setiap hari dan makan makanan seimbang yang mengandung protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat sepanjang hari untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil. Makan banyak buah dan sayuran, yang mengandung air.

Cuaca dingin dan flu
Kebanyakan orang mendapatkan sakit kepala setelah berolahraga. Sakit kepala ini bisa disebabkan  makan beberapa makanan dingin atau beku seperti es krim.

Stres

Ini adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Stres dikaitkan dengan sakit kepala. Selama masa stres tubuh memproduksi kortisol untuk membantu Anda melalui masa sulit, dan kemudian ketika kadar kortisol mengurangi, Anda lebih rentan terhadap sakit kepala migrain. Jika sakit kepala Anda stres terkait, Anda dapat mengurangi tingkat stres dengan pernapasan dalam, meditasi, pijat relaksasi atau aromaterapi santai

Masalah Pencernaan
Sakit kepala dalam beberapa cara terkait dengan kesehatan pencernaan. Memantau pencernaan setelah makan makanan tertentu, untuk melihat apakah ada makanan tertentu yang menyebabkan Anda mengalami ketidaknyamanan pencernaan, dan juga sakit kepala.

Olahraga berat

Jika Anda telah melakukan olahraga berat, maka yang bisa menjadi penyebab sakit kepala Anda. Cobalah mencampur latihan Anda dengan kegiatan lain untuk melihat apakah yang mengurangi rasa sakit. Beberapa orang menemukan bahwa mereka hanya perlu pemanasan lagi. Olahraga ringan anggap sebagai penghilang stres. Ada berbagai otot yang dapat memberikan kontribusi untuk sakit kepala.

Alergi Makanan
Beberapa sakit kepala yang berhubungan dengan alergi makanan yang dapat disebabkan oleh bahan pengawet, pewarna buatan, rasa, susu sapi, telur, gandum, keju, kafein dan nitrat dalam daging olahan. Catat apa yang membuat Anda menjadi sakit kepala untuk menghindari pemicunya.

Polutan lingkungan
Ada sekitar lebih dari 12.000 polutan di lingkungan seperti asap, pestisida, plastik, parfum, pengharum, klorin, karbon monoksida yang dapat menyebabkan sakit kepala. Bahkan racun dari cat dinding Anda mengandung zat yang dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk membantu mengurangi tingkat racun di lingkungan Anda, tempatkan beberapa tanaman penyaringan udara di rumah Anda dan kantor dan menghabiskan lebih banyak waktu di udara segar.

Kurang Tidur
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan 6 jam atau kurang tidur malam, lebih rentan terhadap sakit kepala daripada mereka yang mendapatkan 8 jam. Anda harus mencoba untuk bersantai diri sendiri dan tidur selama 8 jam suara tidur malam yang baik. Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab paling umum dari sakit kepala.

Posturtubuh yang buruk
Bersandar di meja Anda dapat menyebabkan tekanan di kepala sebuah otot leher. Jadi duduk, meningkatkan bahu Anda, dan menggunakan kursi dengan dukungan punggung bawah. Jika Anda selalu menjaga postur tubuh yang salah maka dapat menjadi salah satu alasan sakit kepala sehari-hari.

Migrain
Ini adalah sakit kepala yang paling menyakitkan dan dapat berlangsung selama berjam-jam atau kadang-kadang bahkan untuk hari bersama-sama. Ini memiliki banyak gejala selain sakit kepala seperti muntah dan mengaburkan visi dan bintik-bintik buta. Ini biasanya terjadi pada satu sisi kepala dan episodik. Hal ini dapat terjadi kapan saja seperti sekali atau dua kali setahun atau dua kali sebulan atau seminggu. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit kepala hampir setiap hari. Penyebab sakit kepala migrain adalah genetik.

Hormonal
Penyebab sakit kepala kehamilan dan menopause adalah karena fluktuasi hormon. Penurunan estrogen yang terjadi sebelum periode Anda dapat menyebabkan migrain. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda jika sakit kepala untuk mendapatkan obat yang aman.

Obat yang berlebihan

Mengonsumi obat sakit kepala berlebihan justru bisa memicu dia kembali datang dengan lebih parah. Terlalu sering menggunakan obat pembunuh rasa sakit dapat menyebabkan perkembangan sakit kepala meningkat.

Perubahan suhu
Cuaca juga dapat menjadi penyebab sakit kepala. Anda dapat memakai kacamata hitam pada hari yang cerah dan pastikan Anda minum banyak air untuk tetap terhidrasi.

Merokok
Rokok dapat menyebabkan sakit kepala. Bahkan jika Anda tidak merokok diri sendiri, perokok pasif masih mengandung nikotin, yang menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit. Jadi sebaiknya tidak merokok, atau menjauh dari orang yang merokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro