Fashion

Tips Membuat Rak Buku Berdesain Menarik

Ipak Ayu H Nurcaya
Kamis, 19 Februari 2015 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki rak buku yang unik dengan desain kekinian yang menarik tentu akan menjadi daya pikat kita untuk lebih rajin membaca buku. Karena itulah rak buku kini tidak hanya sebagai penunjang vital sebuah perpustakaan atau perkantoran saja.

Beragam jasa desain interior kini semakin semarak menawarkan berbagai desain rak buku kontemporer yang tentu jarang kita pikirkan sebelumnya. Misalnya saja rak buku dengan bentuk lingkaran yang menempel di dinding rumah atau kamar pribadi anda, menarik sekali bukan?

Desainer Interior dan pemilik Jepara Goods, jasa pembuatan furniture kayu jepara Ridwan Sunaryo membagi tipsnya dalam membuat rak buku agar tak melekat kesan kaku. Mula-mula kita harus mengkonsepkan sebuah rak buku yang sesuai dengan tampilan rumah atau ruangan kita. Rak buku yang baik yang dapat mencerminka gaya tersebut, dalam penataan juga harus tetap rapi dan sederhana.

Kemudian Ridwan membagi beberapa tips dalam menata furniture rak buku. Pertama, sesuaikan dengan warna cover buku, atau buat skala warna pada penumpukan buku di rak. Jika ingin memberi kesan bewarna pada buku-buku lama anda jangan ragu untuk mengaplikasikan warna-warna pelangi. Untuk kesan yang lebih serius mungkin warna yang lebih keemasan.

Selain itu, agar rak buku tampil menarik, Anda dapat mengkombinasikan dengan karya seni yang digantungkan di dinding atas rak buku. Foto-foto, lukisan, dan karya seni lain juga dapat ditempatkan dengan teknik lapisan (layering).

Cara lain, Anda bisa menempatkan vas bunga atau benda lain sebagai elemen pajangan. Dengan cara seperti ini, tampilan rak buku akan semakin mempercantik tatanan ruangan.

Baru-baru ini Ridwan menawarkan sebuah rak buku desain terbarunya yang terinspirasi oleh konsep ikon sosial messenger whatsapp. Model ikon yang bulat diubahnya menjadi persegi panjang namun tetap dengan mode kerucut samping ada pada ikon whatsapp.

Ridwan menambahkan  furniture rak buku ini dibentuk dalam tatanan minimalis dengan model konvensional box to box. Seperti beberapa ikon whatsapp yang ditumpuk.

Tujuan Ridwan menciptakan ide ini agar memberikan suasana yang berbeda di sebuah ruangan. Juga sebagai  ungkapan ekspresi di  era gadget yang banyak mewakili manusia modern seperti saat sekarang ini.

Secara teknis, pembuatan rak buku minimalis whatsapp ini berbahan baku kayu solid mahony dengan warna finishing putih duco kombinasi biru muda glossy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro