Ilustrasi beser/melindahospital.com
Health

Berikut 10 Warna Urine Dan Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 20 Februari 2015 - 09:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Air kencing atau urin kadangkala tidak kita perhatikan saat buang air kecil.

Padahal, dari urine ini kita bisa mengetahui apakah tubuh kita mengalami gangguan atau tidak dari warnanya.

Urin terbentuk di ginjal yang menyaring produk limbah dari darah ke dalam urin dan bermanfaat atau penting kembali ke dalam darah. Proses ini disebut reabsorpsi. Kadang-kadang beberapa produk yang berguna seperti protein, sel darah merah dan banyak produk yang lebih berguna diekskresikan melalui urin.

Warna urin Anda merupakan indikator kesehatan yang penting. Ini merupakan indikator penyakit ginjal atau kondisi penyakit lainnya yang berlaku di tubuh kita. Oleh karena itu warna, bau dan konsistensi urine bisa bercerita banyak tentang apa yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Banyak tes diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan urin. Namun Anda harus memiliki pengetahuan tentang sinyal perubahan warna urin apa tentang kesehatan Anda. Sebuah warna kuning jerami adalah warna urine yang sehat.

Perubahan warna urin dapat dikaitkan dengan seberapa banyak atau sedikit air yang Anda telah minum. Hal lain yang dapat mewarnai urin Anda adalah makanan dan beberapa obat. Warna urine akan kembali ke level normal setelah obat dihentikan.

Berikut  beberapa warna urindan maknanya yang berhubungan dengan kesehatan Anda:

Transparan
Jelas urin biasanya merupakan tanda yang baik-terhidrasi. Namun, dalam beberapa kasus dapat sinyal bahwa Anda mungkin minum terlalu banyak dan beresiko keracunan air. Over-hidrasi berarti bahwa Anda minum lebih dari yang Anda butuhkan dan Anda mungkin membahayakan tubuh Anda. Meski demikian ini tidak menimbulkan penyakit berbahaya.

Tidak ada Warna

Memiliki warna urine lebih transparan dapat menjadi indictor diabetes. Jika urin Anda tidak memiliki warna sama sekali, ini juga bisa menjadi tanda diabetes. Gejala lain termasuk haus konstan dan sering buang air kecil. Jika Anda merasa Anda perlu minum sepanjang waktu, Anda harus melakukan  tes diabetes.

Kuning gelap

Sebuah warna kuning jerami adalah warna urin yang sehat. Jika lebih gelap, hal ini dapat menjadi indikator bahwa Anda dehidrasi dan perlu minum. Ketika air seni menjadi lebih terkonsentrasi, ini biasanya disertai dengan bau yang lebih kuat. Beberapa makanan juga bisa membuat gelap urin Anda. Misalnya akar bit dapat membuat lebih gelap urin Anda.

Cokelat

Urin berwarna coklat bisa menjadi gejala dari kondisi dengan gangguan penyakit. Jika hati Anda tidak bekerja dengan baik, garam empedu yang harus dihilangkan dengan kotoran mungkin dibuang melalui urin sebagai konsentrasinya dalam darah tinggi. Hepatitis, suatu peradangan hati, adalah contoh dari kondisi hati yang membuat urin menjadi berwarna cokelat.

Merah
Warna merah muda dapat berasal dari darah dalam urin, sebuah kondisi yang dikenal sebagai hematuria. Merah biasanya warna yang paling mengkhawatirkan. Penyebab urine merah banyak seperti infeksi saluran kemih, batu di ginjal dan kandung kemih atau kanker ginjal, prostat atau kandung kemih bisa menyebabkan pendarahan dan semua warna merah urin Anda.

Buang air kecil dapat disertai nyeri dalam kasus ini dan mungkin akan sulit untuk buang air kecil. Merah atau warna urine merah muda juga bisa berasal dari makanan dan zat tertentu yang tertelan. Makanan yang memberikan warna merah urin meliputi bit, blackberry dan rhubarb. Jika perubahan warna bukan karena makanan dan itu terjadi lebih dari sekali, ini juga bisa menandakan bahwa ada masalah kesehatan yang serius.

Biru
Ada juga kondisi langka yang dikenal sebagai porfiria. Ini merupakan kondisi yang diwariskan enzim yang dapat membuat urin orang biru atau ungu. Namun, urin dapat memiliki semburat kebiruan itu. Hal ini paling sering disebabkan oleh makanan dan obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu. Obat-obat yang menyebabkan urine Anda menjadi biru triamterene (diuretik ringan) atau penggunaan viagra.

Hijau
Jika ada beberapa nanah dalam urin, ini bisa membuat tampak berwarna hijau. Infeksi saluran kemih adalah penyebab paling umum dari itu. Hal ini juga dapat disebabkan oleh makanan seperti asparagus. Anda juga akan melihat bau yang berbeda setelah Anda sudah makan itu. Hal ini juga dapat disebabkan oleh makan licorice hitam atau makanan yang mengandung pewarna yang kuat yang tidak bisa diserap dalam usus Anda.

Berbusa

Ini mungkin disebabkan oleh adanya protein dan kebutuhan untuk diselidiki lebih lanjut, karena dapat disebabkan oleh ginjal atau kandung empedu masalah. Jika Anda terus-menerus mengalami urin yang berbusa, segera konsultasi ke dokter.

Abu-abu keruh

Urin berwarna abu-abu dapat menandakan adanya darah mikroskopis. Hal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran, infeksi kandung kemih atau batu ginjal kemih. Beberapa penyakit menular seksual seperti gonore dapat mengubah warna urin Anda. Keputihan juga bisa membuat urin keruh.

Hitam
Warna hitam mungkin karena bahan kimia dan masalah kesehatan. Anda harus konsultasi dokter Anda dan memeriksa apa yang terjadi pada tubuh Anda.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro