Ponsel menjadi kebutuhan masyarakat saat ini/ispyoo.com
Health

Anda Kecanduan Smartphone? Bisa Jadi Itu Tanda Depresi

Nenden Sekar Arum
Minggu, 22 Februari 2015 - 23:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Diperkirakan, pengguna ponsel rata-rata memeriksa gadgetnya sekitar 150 kali per hari, dan sepertiga dari pengguna smartphone mengakui bahwa mereka kecanduan gadget.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan orang yang terlalu banyak berinteraksi dengan gadget bisa jadi menunjukkan gejala depresi.

Menurut peneliran Baylor University, orang yang memeriksa ponsel mereka terus menerus biasanya akan meningkatkan suasana hati yang negatif.

Penelitian yang diterbikan pada jurnal Personality and Individual Differences menyelidiki hubungan antara kecanduan ponsel dan kepribadian, ditemukan bahwa pengguna ponsel yang berlebihan memiliki ketidakstabilan emosional.

Para peneliti meminta 346 mahasiswa untuk menyelesaikan survei online untuk mengukur tingkat penggunaan smartphone serta ciri-ciri kepribadian.

Data menunjukan, mereka yang lebih sering menggunakan smartphone lebih rentan terhadap kemurungan, materialisme dan perilaku temperamental, serta kurang mampu untuk memusatkan perhatian mereka pada tugas yang sedang dikerjakan.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan perilaku pengguna orang yang kecanduan smartphone dengan rasa kesepian dan rasa malu, kurang tidur dan kurang keterlibatan di tempat kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Huffingtonpost.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro