Ilustrasi/Sheknows
Health

Cara Rangsang Kemampuan Sosialisasi Anak Usia 7-12 Bulan

Fitri Rachmawati
Jumat, 27 Februari 2015 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Psikolog Anak Katarina Ira Puspita mengatakan umumnya anak usia 7-12 bulan sudah memiliki kemampuan bersosialisasi seperti menangis, tersenyum, hingga meminta digendong.

"Sebenarnya kemampuan sosialisasi anak sudah dimiliki ketika anak lahir salah satunya melalui menangis," tuturnya Jumat (27/02/2015).

Namun, pada kenyataanya tidak sedikit kasus anak mengalami keterlambatan kemampuan bersosialisasi hingga tidak memiliki kemampuan sosialisasi. Seperti tidak merespons komunikasi dari orangtua atau orang di lingkungan terdekatnya.

"Inilah yang perlu diwaspadai oleh setiap orangtua jika anaknya memiliki keterlambatan tahapan perkembangan," katanya.

Setiap orangtua harus mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak, agar jika ditemukan kelainan-kelainan atau keterlambatan orangtua dapat mengantisipasinya lebih dini atau memeriksakan ke dokter.

"Yang terpenting keterlambatan tidak melebihi dua tahap perkembangan atau pertumbuhan anak," imbuhnya.

Untuk mengetahui anak memiliki kemampuan bersosialisasi dan cara menstimulasi, Anda bisa mencoba cara berikut:

Usia 7-9 Bulan

Tutuplah wajah Anda dengan kain sambil memanggil nama si kecil, kemudian ketika anak menoleh bukalah kain penutup sambil mengucapkan ciluk ba.

Usia 10-12 Bulan

Ketika anak sedang bermain dengan salah satu mainan favoritnya, mintalah mainan tersebut dan perhatikan reaksinya. Melalui pengamatan ini diharapkan Anda bisa mengamati perkembangan anak apakah sesuai dengan perilaku sesuai usianya atau tidak.

Biasanya anak usia 7-12 bulan sudah bisa tersenyum spontan, menaruh perhatian pada sesuatu terutama menoleh saat dipanggil, hingga memberi reaksi tidak suka atau suka pada sesuatu dan mulai meniru perbuatan sederhana orangtua khususnya ibu.

Cara Menstimulasi

Untuk menstimulasi perkembangan sosialisasi pada anak usia 7-9 bulan, sebaiknya sering-seringlah mengajak anak bermain ciluk ba atau permainan lainnya yang serupa. Bisa juga Anda menggunakan cermin agar si anak dapat melihat dan membayangkan bentuk badannya sendiri.

Sedangkan untuk usia 10-12 bulan, Anda dianjurkan untuk sesering mungkin meminta mainan atau sesuatu pada anak untuk merangsang perilaku merespons pada anak. Jika si kecil meresponsnya dengan memberikan apa yang Anda minta, maka berilah pujian. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Komunitas Barista Gelar Kompetisi Art Latte

Wajah Model Dicat Hitam, Peragaan Busana Ini Bikin Kontroversi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro