Ilustrasi/Midaswealth
Health

Pentingnya Minum Air Putih Selama Kehamilan

Fitri Rachmawati
Sabtu, 28 Februari 2015 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Minum air putih sangat penting bagi tubuh, terutama bagi wanita hamil yang membutuhkan air putih lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil.

Air putih diperlukan untuk membuat plasma bagi volume darah bertambah dan membentuk cairan amnion, yang memandikan serta berfungsi sebagai bantalan bagi bayi yang sedang tumbuh.

Selain itu, fungsi utama lainnya yaitu untuk membuang kotoran ke luar untuk mencegah infeksi saluran kemih. Jika wanita hamil banyak minum air putih, air seni akan tetap encer, antikonstipasi, dan mencegah wasir, karena biasanya dalam keadaan sedang hamil akan lebih sering berkemih. Dengan banyak minum air putih, bakteri yang berkumpul dalam kandung kemih pun berkurang.

Mengonsumsi banyak air putih saat hamil juga membuat semakin sedikit air yang ditahan oleh tubuh, sehingga kemungkinan terkena pembengkakan tangan serta kaki akan berkurang saat kehamilan semakin tua.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia atau Pogi Dr. Nurdadi Saleh mengatakan jika kebutuhan minum air bagi orang yang sedang tidak hamil minimal 8 gelas, maka dalam keadaan hamil dianjurkan lebih dari takaran tersebut.

“Hal yang paling utama dalam masa kehamilan adalah kondisi ibu yang sehat bayi yang sehat. Terutama aspek sirkulasi ke janin yang baik salah satunya terpenuhi kebutuhan cairan yang cukup,” tuturya Jumat (27/02/2015). (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro