Gula/abcnews.go.com
Health

Tips Mengurangi Konsumsi Gula Sehari-hari

Newswire
Kamis, 5 Maret 2015 - 07:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Gula merupakan penyebab diabetes dan obesitas. Mengurangi asupan gula, berarti upaya menurunkan berat badan akan lebih cepat.

Bukan hanya itu, diet gula akan berdampak besar untuk kesehatan Anda. Dilansir Femalefirst, Rabu (4/3/2015), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan hanya mengonsumsi enam sendok teh gula dalam sehari.

Namun, terkadang kita tidak tahu berapa kandungan gula dalam makanan yang kita makan. Bahkan dalam makanan sehat pun masih mengandung kadar gula yang tinggi. Berikut beberapa cara untuk memangkas gula dalam makanan Anda.

1. Memilih buah segar ketimbang jus buah
Siapa bilang jus buah sehat? Kenyataannya adalah jus buah mengandung kadar gula yang tinggi dan hanya memberikan sedikit nilai gizi. Satu apel segar mengandung 2,6 sendok teh gula dan 50 kalori. Sedangkan segelas jus apel mengandung enam sendok teh gula dan 123 kalori.

2. Hati-hati dengan yogurt
Yogurt buah dapat mengandung kandungan gula yang tinggi. Jangan tertipu dengan label yang mengatakan yogurt rendah lemak dan sehat. Pada umumnya, yogurt mengandung 20 gram gula atau setara dengan lima sendok teh gula. Sebaiknya, Anda menggantinya dengan buah rendah gula, seperti raspberry dan blueberry.

3. Sereal
Banyak sereal untuk sarapan yang dikemas dengan gula tersembunyi. Padahal kenyataannya, semangkuk sereal mengandung 114 kalori dan 13,2 gram gula. Lebih baik mengonsumsi sereal tanpa gula seperti gandum.

4. Jangan tambahkan krimer pada cokelat panas atau teh
Cokelat panas mengandung 4,5 sendok teh gula dan 200 kalori. Belum lagi, jika Anda menambahkan krimer atau marshmallow. Sedangkan segelas teh mengandung 20 kalori jika Anda menambahkan susu di dalamnya.

5. Ganti es krim dengan pisang beku
Satu sendok es krim mengandung sekitar tiga sendok teh gula dan 180 kandungan kalori. Sebaiknya, menggantinya dengan pisang yang mengandung sedikit kalori dan gula. Pisang juga tinggi serat.

6. Hindari saus kemasan
Saus pasta mengandung kandungan gula dan garam yang tersembunyi. Dalam satu kemasan saus mengandung tiga sendok teh gula bahkan bisa lebih. Lebih baik membuat saus sendiri dengan menggunakan tomat segar.

7. Hindari minuman bersoda, utamakan air putih
Satu kaleng soda mengandung sembilan sendok teh gula dan 139 kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro