Anak/
Health

Latihan Kepemimpinan Bantu Perkuat Mental Anak

Newswire
Minggu, 15 Maret 2015 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pendiri Yayasan Semai Jiwa Amini atau Sejiwa, Diena Haryana menilai penanaman nilai-nilai kepemimpinan pada anak dapat membantu memperkuat mentalnya, sehingga terhindar dari perundungan yang berpotensi berubah menjadi tindak kekerasan.

"Untuk membuat mental anak menjadi lebih kuat, orang tua dan para guru sebaiknya menghadirkan nilai-nilai kepemimpinan pada kegiatan belajar mengajar," ujar Diena pada diskusi bertema "Stop Kekerasan untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak" di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, pengetahuan mengenai kepemimpinan dapat diajarkan di sekolah maupun di rumah dengan mendorong anak menjadi ketua kelompok di lingkungan sosialnya. Selain itu, peran pengajar dalam mendukung anak-anak tersebut tampil di depan kelas juga dapat memunculkan keberanian di dalam diri mereka, sehingga mentalnya menjadi lebih tangguh.

Ketika mental mereka sudah kuat, perundungan (bullying) yang datang dari orang lain tidak akan membuat mereka jatuh, tambahnya. "Anak-anak yang mentalnya kuat tidak mudah goyah terhadap gangguan yang datang pada mereka, sehingga jiwa-jiwa seperti ini sangat berpotensi terhindar dari kekerasan verbal maupun fisik," kata Diena.

Lebih lanjut ia mengatakan, aktivitas yang dilakukan guna mengembangkan mental dan keberanian anak, kelak mempermudah mereka berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro