Health

Awas, Perempuan Gemuk Beresiko Terkena 7 Jenis Kanker Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Maret 2015 - 11:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Perempuan bertubuh gemuk memiliki risiko sekitar 40 persen lebih besar terkena kanker dibandingkan mereka yang tidak gemuk.

Berdasarkan penelitian, obesitas meningkatkan risiko wanita terkena setidaknya tujuh jenis kanker termasuk usus, payudara pasca-menopause, kandung empedu, rahim, ginjal, pankreas dan kanker esofagus.

Statistik baru yang dirilis oleh Cancer Research UK menemukan bahwa wanita obesitas memiliki sekitar satu dari empat risiko mengembangkan kanker karena kelebihan berat badan mereka tersebut. Dalam kelompok 1.000 wanita gemuk, 274 diantaranya didiagnosis memiliki kanker, yang dioicu kelebihan berat badan mereka.

Sedangkan sebanyak 194 perempuan dengan tubuh tidak terlalu gemuk didiagnosa sehat. Ada berbagai cara obesitas dapat meningkatkan risiko kanker, dan salah satu kemungkinan adalah terkait dengan produksi sel lemak dan hormon terutama estrogen.

Hormon ini diduga untuk bahan bakar perkembangan kanker. "Menurunkan berat badan membutuhkan waktu secara bertahap dengan gaya hidup sehat yang dapat Anda pertahankan," kata Julie Sharp, kepala kesehatan informasi di Cancer Research UK. "Perubahan gaya hidup, seperti tidak merokok, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat dan mengurangi alkohol adalah peluang besar mengurangi risiko kanker, "kata Julie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro