Referensi

Majalah Esquire Indonesia Terbitkan Dua Kumpulan Cerpen

Deandra Syarizka
Jumat, 20 Maret 2015 - 12:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Majalah gaya hidup pria dewasa Esquire meluncurkan dua buku kumpulan cerpen pertamanya yang berjudul Semua Orang Pandai Mencuri dan Pesan Untuk Kekasih Tercinta. Kedua buku kumpulan cerpen tersebut memuat karya para penulis Indonesia terkemuka seperti Agus Noor, Bre Redana, Eka Kurniawan, Djenar Maesa Ayu, dan masih banyak lainnya.

Editor in Chief Esquire Indonesia Dwi Sutarjantono mengemukakan saat membuat rubrikasi untuk majalah Esquire Indonesia pada 2007, ikatan dan kedekatan majalah gaya hidup pria dengan sastra ini tidak bisa dibuang begitu saja. Dalam sejarahnya, saat pertama kali muncul di Amerika Serikat pada 1933, Esquire Amerika Serikat adalah majalah yang sudah dekat dengan para penulis dunia seperti Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald.

“Rata-rata pria dewasa cosmopolitan dipandang tidak pintar dan dekat dengan budaya, kami ingin mengubah paradigma itu. Selain itu saya berpikir juga dari sastra, ada banyak hal yang bisa diulas untuk menyampaikan pesan moral,” ujar Dwi di sela-sela peluncuran kumpulan cerpen Esquire, Kamis (19/03/2015).

Dia menambahkan antusiasme para penulis dan pembaca terhadap rubrik cerpen sangat besar. Dalam sehari, pihaknya menerima tiga hingga lima cerpen yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari penulis profesional hingga anak sekolah. Semua cerpen rata-rata menyoroti gaya hidup laki-laki.

Bagi kalangan penulis sendiri, keberadaan rubrik cerpen dalam majalah bisa menjadi ruang alternatif untuk berkarya, yang kerap kali menawarkan sesuatu yang berbeda di banding media lainnya seperti koran. Penulis Eka Kurniawan menganggap rubrik cerpen dalam media massa arus utama turut menentukan kualitas penulis Indonesia.

“Perkembangan cerpen di Indonesia masih sangat ditentukan oleh koran Minggu. Editor sangat menentukan kea rah mana dan standar cerpen seperti apa yang akan muncul ke publik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro