Ilustrasi/Levo
Relationship

Tetap Bahagia di Tempat Kerja. Begini Tipsnya

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Maret 2015 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda bekerja, kemungkinan Anda sering menghabiskan lebih banyak waktu di kantor daripada di rumah. Dan, itu sangat penting bahwa Anda bahagia dan santai ketika di tempat kerja.

Tapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Seorang bos menyebalkan, rekan kerja menyebak, paket gaji yang buruk, politik kantor, ketimpangan distribusi kerja, favoritisme dan masih banyak sekali alasan untuk membuat tekanan pekerjaan dalam diri Anda.

Stres kerja dapat memengaruhi sangat besar pada kesehatan mental dan fisik Anda. Mengubah pekerjaan terus bukan solusi, terutama dalam skenario ekonomi saat ini. Jadi, berikut adalah cara untuk membuat pekerjaan Anda lebih menyenangkan

Makan di luar
Lupakan makanan rumahan dan kantin yang membosankan. Keluar untuk makan siang dengan rekan-rekan Anda, akan membantu Anda ikatan dengan mereka. Jika Anda benci makan keluar, maka bungkuslah makanan tersebut untuk dimakan di kantor. Intinya adalah menjalin kebersamaan dengan rekan Anda.

Jadilah optimis
Apapun sifat dan sejumlah masalah yang Anda hadapi di tempat kerja, mereka tidak akan menghilang dengan menjentikkan jari-jari Anda. Anda harus optimis bahwa situasi akan perlahan membaik. Jangan menjadi korban pikiran negatif. Jika Anda merasa sulit untuk bersikap optimis, berpura-pura. Dengan waktu, positif palsu Anda akan berubah nyata. Yang Anda butuhkan adalah sedikit latihan.

Ubah sikap Anda
Bahkan jika Anda membenci pekerjaan Anda, membuat sebagian besar dari itu. Analisis bagaimana Anda dapat memperbaiki diri sendiri - membuat kesalahan lebih sedikit dan meningkatkan efisiensi Anda. Setiap kali Anda meninggalkan pekerjaan, Anda harus tahu bahwa itu telah meningkatkan kemampuan Anda, bahkan jika itu adalah dengan cara kecil.

Ramah pada rekan kerja

Suasana yang ramah membuat perbedaan besar. Jika Anda menyendiri, kemungkinan Anda akan merasa ditinggalkan. Kami tidak meminta Anda untuk pergi berbelanja dengan mereka dan berbagi kehidupan pribadi Anda, tapi hanya bersikap ramah.

Istirahat

Bekerja selama 9 jam sehari akan membuat orang marah-marah, stres dan tidak mampu berkonsentrasi. Jadi, istirahat 15 menit adalah suatu keharusan. Tidur siang, membaca lelucon atau bermain game online, mendengarkan musik atau chatting dengan seorang teman. Jika tidur siang dan bermain game online dilarang, mendengarkan musik yang bagus untuk menambah semangat suasana hati Anda.

Bersyukur
Berpikir tentang betapa beruntungnya Anda, dimana saat ini  ada banyak orang menganggur yang akan senang berada dalam posisi Anda yang memiliki pekerjaan.

Bersikap tegas
Tidak ada yang suka diganggu dan dilecehkan di tempat kerja. Jika ada orang yang mencela Anda, maka bersikaplah tegas dengan mengatakan Anda tidak suka perilakunya itu.

Mintalah umpan balik
Sangat penting untuk meminta umpan balik dari atasan Anda. Komunikasi yang baik akan memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan dari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro