Anak sakit/boldsky.com
Health

Tips Menghindari Alergi Makanan Pada Anak

Fitri Rachmawati
Kamis, 26 Maret 2015 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Dokter Spesialis Anak dari Universitas Airlangga dr Ahmad Suryawan mengatakan hati-hati dalam memperkenalkan makanan kepada anak terutama si kecil yang baru akan mendapatkan makanan pendamping ASI usia 6 bulan ke atas.

Hal ini karena sistem kekebalan dan pencernaan anak belum berkembang sempurna. Sehingga akan sensitif terhadap makanan tertentu, untuk itu Anda harus memilah jenis makanan tertentu dan memperkenalkan secara bertahap.

Berikut tips menghindari alergi makanan pada anak a.l.

Hindari Makanan Berpotensi Alergi

Sebaiknya menunda terlebih dahulu memberikan jenis makanan yang berpotensi alergi terutama untuk anak 6 bulan pertama dan memiliki riwayat alergi. Jenis makanan tersebut seperti seafood, ikan, buah-buahan sitrus.

Sedangkan untuk telur, susu sapi sebaiknya ditunda sampai si kecil berusia 1 tahun, terutama jika si kecil memiliki riwayat alergi.

Berikan ASI Eksklusif

Memberikan ASI secara eksklusif sampai si kecil 4 sampai 6 bulan dinilai bisa membantu mencegah timbulnya alergi.

“Lalu lanjutkan ASI sampai 2 tahun, karena ASI merupakan makanan terbaik bagi anak,” tuturnya Kamis (26/03/2015).

Berikan Jenis Makanan Yang Tidak Berpotensi Alergi

Mulailah memberikan makanan yang tidak berpotensi alergi, seperti tepung beras, buah apel, wortel, daging ayam dan daging sapi.

Sediakan Makanan Anti Alergenik Dan Antioksidan

Selain itu, sediakanlah makanan yang kaya akan zat gizi anti alerginik dan antioksidan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh si kecil. Seperti makanan yang banyak mengandung vitamin C, beta karoten, flavonoid, seng, magnesium dan kalsium.

Perkenalkan Makanan Secara Bertahap Dan Beragam

Perkenalkanlah makanan secar bertahap agar bisa diketahui si kecil alergi terhadap jenis makanan tertentu, dan bisa lebih cepat diketahui penyebabnya.

Selain itu, berikanlah jenis makan secara bertahap karena alergi seringkali terjadi jika bahan makanan diberikan beberapa kali dalam sehari.

Bila si kecil alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu, maka sebaiknya menghindari makanan tersebut selama 1 bulan, dan perhatikan reaksi yang terjadi. Jika gejala alerginya membaik, maka makanan tersbeut bisa diberikan kembali secara bertahap sedikit demi sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro