Sumber asupan Omega 3 ALA/Extension.org
Health

Asupan Omega 3 Anak Indonesia di Bawah Rekomendasi WHO

Reni Efita
Jumat, 27 Maret 2015 - 18:11
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tengah asupan Omega 3 ALA anak-anak di Indonesia hanya 39%, lebih rendah dari angka rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).
 
Angka asupan Omega 3 ALA itu merupakan hasil riset yang dilakukan Unilever Indonesia bersama Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)Universitas Indonesia (UI).
 
Unilever Indonesia dengan Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH, melakukan penelitian mengenai asupan asam lemak esensial Omega 3 dan 6 pada anak Indonesia.
 
Penelitian tersebut merupakan penelitian pertama dan satu-satunya di Indonesia yang membahas mengenai asupan Omega 3 dan 6 pada anak sekolah.
 
Penelitian itu merupakananalisa terhadap Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2010 dengan sampel lebih dari 43.000 anak dan makanan yang diambil dari 13 provinsi di Indonesia.
 
Dari riset tersebut, diketahui bahwa nilai tengah asupan lemak tak jenuh ganda (PUFA) pada anak Indonesia adalah sebesar 4,05% energi.
 
Angka itu hanya mencapai 68% dari rekomendasi WHO. Di dalam PUFA terdapat dua lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat baik untuk tubuh; Omega 3 dan Omega 6.
 
Dapat disimpulkan bahwa mayoritas anak Indonesia masih perlu mendapatkan tambahan asupan lemak tak jenuh ganda, khususnya Omega 3 ALA setiap hari.
 
"Sebagai rekomendasidari penelitian ini, masyarakat Indonesia memerlukan sebuah prakarsa kesehatan masyarakat yang memperhatikan kuantitas dan kualitas lemak agar sesuai dengan anjuran, "ujar Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, MPH.
 
Masyarakat, kata Ratna, perlu mengenal lebih banyak sumber makanan yang mengandung Omega 3 ALA dan Omega 6 LA dan mendapatkan edukasi untuk mengonsumsi kedua jenis lemak esensial tersebut.
 
Kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang cukup tinggi terdapat antara lain pada ikan Salmon, minyak kanola, dan alpukat.
 
Johan Mantik, Brand Manager Blue Band berkomitmen membantu memenuhi asupan lemak esensial bagi anak Indonesia. Kini Blue Band Serbaguna mengandung asam lemak esensial Omega 3 dan 6,vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E, serta tetap bebas lemak trans, dan dapat disimpan pada suhu ruang.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro