Pasangan suami-istri dikaruniai anak/restministries.com
Health

Ini 4 Manfaat Keterlibatan Ayah Merawat Anak

Fitri Rachmawati
Sabtu, 28 Maret 2015 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA— Praktisi Neurosains Terapan Anne Gracia mengatakan pandangan kebanyakan masyarakat Indonesia tentang peran seorang ayah dalam keluarga cenderung hanya pencari nafkah, melindungi keluarga, hingga kepala keluarga.
 
Sedangkan peranannya dalam mengasuh, mendidik, melindungi hingga merawat anak dibebankan hanya kepada seorang ibu. Padahal peranan seorang ayah dalam mengasuh, mendidik terutama merawat anak sangat penting.
 
“Keterlibatan seorang ayah dalam pola asuh, mendidik hingga merawat anak terbukti akan memaksimalkan pertumbuhan si kecil,” tuturnya Sabtu (28/03/2015).
 
Selain itu, keterlibatan anak pun akan berdampak secara psikologis yaitu kenyamanan dan kedekatan antara anak serta ayah. Berikut 4 manfaat keterlibatan ayah dalam merawat anak a.l.
 
Perkembangan Motorik Lebih Baik
Pada usia awal si kecil yaitu 0 sampai 6 bulan, bayi yang kerap mendapatkan perawatan, pengasuhan dari ayah akan memiliki nilai perkembangan motorik lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak memperoleh pengasuhan dan perawatan dari sang ayah.
 
Lebih Menstimulasi Sistem Auditori Dan Taktil
Ayah memiliki frekuensi suara yang lebih rendah daripada ibu. Jika ayah sering merawat atau mengasuh anak seperti mengajak bicara hal tersebut akan berdampak terhadap stimulasi sistem auditori bayi lebih baik.
 
Sama halnya dengan jika ayah sering menyentuh, memeluk anak. Hal tersebut akan berdampak terhadap stimulasi sistem taktil atau peraba anak akan lebih baik.
 
“Karena ayah memiliki karakter perabaan yang menekan berbeda dengan ibu yang lebih ke sentuhan. Untuk itu pelukan, dan sentuhan seorang ayah kepada anak sangat baik,” katanya.
 
Memaksimalkan Fungsi Indra, Gerak Hingga Kecerdasan Kognitif
Selain itu, keterlibatan ayah pun dinilai akan memaksimalkan perkembangan fungsi indra, gerak, dan kecerdasan koginitif anak. Peran ayah juga akan memberikan manfaat secara psikologis bagi bayi, ayah dan keluarga.
 
Anak Lebih Stabil Secara Emosi

Penelitian menunjukkan jika bayi yang mendapatkan perawatan dari ayah sejak masa kelahirannya dinilai akan tumbuh dengan emosi yang stabil, memiliki kepercayaan diri saat bergaul dilingkungannya, tumbuh dengan kemampuan sosial yang maksimal.
 
“Lalu biasanya mereka akan tumbuh dengan lebih sedikit masalah baik di rumah, sekolah maupun dilingkungan sosial lainnya,” imbuhnya.
 
Anne menambahkan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ayah untuk ikut terlibat dalam mengasuh atau merawat anak a.l. dengan ikut memandikan, memijat, menggendong, menyuapi dan aktifitas lainnya yang biasa dilakukan ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro