Garuda Indonesia/Antara
Fashion

Garuda Indonesia Kembali Ikuti Kampanye Earth Hour 2015

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Maret 2015 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Garuda Indonesia Group, semalam, Sabtu (28/03) kembali melaksanakan kampanye switch off “Earth Hour 2015” di Gedung Manajemen Garuda Indonesia, Cengkareng.

Pelaksanaan kampanye “Earth Hour 2015” tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Garuda Indonesia terhadap pelestarian alam dan lingkungan, serta perwujudan komitmen kepada pengurangan dampak perubahan iklim. Tahun 2015 ini merupakan tahun ketujuh keikutsertaan Garuda Indonesia dalam kampanye ini sejak dilaksanakan pada tahun 2009 yang lalu.  

Kampanye switch off “Earth Hour 2015” Garuda Indonesia Group tersebut dihadiri oleh Direktur Operasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Capt. Novianto Herupratomo, beberapa Direksi anak perusahaan, serta komunitas pelari dari berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya, yang meramaikan acara #Nightrun #Aerorun dalam acara Earth Hour 2015 tersebut.  

“Earth Hour” merupakan salah satu bentuk kegiatan kampanye skala internasional untuk menarik partisipasi publik dalam upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim global yang semakin mengkhawatirkan. Melalui kampanye yang diprakarsai oleh “World Wide Fund for Nature (WWF)” ini, masyarakat dihimbau untuk melakukan pemadaman (minimal) satu lampu dan peralatan elektronik lainnya yang tidak dipergunakan (di rumah atau di perkantoran) selama satu jam, sebagai bentuk dukungan terhadap pengurangan percepatan perubahan iklim global.  

Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Novianto Herupratomo menyampaikan bahwa kampanye Earth Hour merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia dalam turut serta menjaga kelestarian lingkungan dan upaya penyelamatan bumi dari bahaya global warming. “Kepedulian terhadap lingkungan harus dilakukan oleh setiap individu maupun perusahaan.

Hal ini mengingat betapa besar dampak kerusakan bumi bagi seluruh manusia. Selain melakukan kampanye, Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan bumi dari kerusakan dan bahaya pemanasan global melalui program green actions. Selain itu, sebagai bentuk dukungan Garuda Indonesia dalam perlindungan satwa, Cargo Garuda juga telah menetapkan kebijakan perusahaan untuk tidak mengangkut segala bentuk produk hiu, termasuk shark-fin dan hewan mamalia,” ungkap Novianto.  

Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program ”Earth Hour 2015” ini, Garuda Indonesia melaksanakan berbagai program antara lain :

Melaksanakan pemadaman lampu selama satu jam pada bagian-bagian tertentu pada seluruh kantor perwakilan Garuda Indonesia (dan anak perusahaan) di seluruh Indonesia dan juga di kantor pusat - Gedung Manajemen Garuda Indonesia;

Melaksanakan pemadaman billboard Garuda Indonesia di kantor-kantor di Indonesia seperti di Gunung Sahari, Bandara Soekarno-Hatta, dan JPO Sarinah; serta beberapa titik di seluruh kota di Indonesia.

Melakukan kampanye kepada seluruh karyawan dan keluarga Garuda Indonesia agar turut serta berperan aktif untuk mematikan lampu selama satu jam pada pukul 20.30 – 21.30 WIB pada Sabtu, 28 Maret 2015 di rumah masing-masing.

Kampanye melalui media social (Twitter, Facebook atau Instagram) Earth Hour 2015 “3 Things to Save The World Contest” dengan menggunakan hashtag #GAEarthHour dan #YourPower. Cabin Announcement, kampanye Earth Hour 2015 pada penerbangan Garuda Indonesia dari tanggal 26 - 28 Maret 2015.

Melaksanakan #AeroRun dengan tema "Run Your Runway!", yaitu "Fun Run" di Hanggar Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF-AA) berjarak 5km yang diikuti oleh karyawan Garuda Indonesia Group, masyarakat umum dan rekan-rekan media.

Penandatanganan Komitmen “Penggunaan Lampu Light Emitting Diode (LED)” di Area Garuda City (Gedung Management dan Area Garuda Sentra Operasi). Dengan penggunaan lampu LED tersebut, Garuda Indonesia dapat melakukan penghematan daya listrik sebesar 69%.

Sejak pertama kali mendukung program “Earth Hour” pada tahun 2009, setiap tahunnya Garuda Indonesia berhasil meningkatkan jumlah penghematan pemakaian daya listrik di lingkungan perusahaan maupun kediaman karyawan Garuda.

Pada tahun 2011 yang lalu, Garuda mampu mencatatkan pencapaian penghematan daya listrik di lingkungan perusahaan dan kediaman karyawan sebesar 2.158.527 Watt, yakni meningkat empat kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2012 jauh mengalami peningkatan menjadi sebesar 3.119.328 Watt, untuk tahun 2013 lalu, Garuda Indonesia terus mengalami peningkatan penghematan daya listrik, yaitu sebesar 4.805.332 watt, sementara untuk tahun 2014 lalu, Garuda Indonesia terus mengalami peningkatan penghematan daya listrik, yaitu sebesar 12.883.370 watt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro