Bayi/boldsky.com
Health

Ini Pantangan Makanan Pendamping Bayi Jelang Usia Setahun

Fitri Rachmawati
Minggu, 29 Maret 2015 - 07:50
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Pakar Gizi Medik dr.Saptawati Bardosono mengatakan memasuki usia 6 bulan, sebaiknya anak mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping asi pertamanya. Namun, makanan yang diberikan harus bergizi dan bertekstur lembut serta terdiri dari dua rasa saja untuk masa pengenalan.

Contoh makanan tersebut seperti nasi tim saring, bubur bayi atau biskuit bayi yang disesuaikan dengan usia si kecil.

“Tetapi, selain memberikan makanan pendamping ASI, ibu pun harus tetap memberikan ASI sampai 2 tahun,” tuturnya Minggu (29/03/2015).

Dari semua jenis makanan yang boleh diberikan kepada si kecil, ada beberapa jenis makanan yang belum boleh atau dihindari sampai anak usia 1 tahun. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak alergi hingga tersedak. Jenis makanan tersebut a.l.

Garam dan Gula
Hindari menggunakan garam dan gula hingga anak usia satu tahun.

Madu
Kendati madu mengandung banyak vitamin dan rasanya  manis yang banyak disukai anak, tetapi madu tidak dianjurkan diberikan kepada si kecil sampai usia 1 tahun.

Kacang dan Biji-Bijian
Sedangkan untuk pemberian kacang dan biji-bijian, sebaiknya diberikan kepada anak setelah si kecil berusia dua tahun atau lebih, karena biasanya jenis makanan ini bisa beresiko tersedak.

Selain itu, telur, keju dan ikan serta kerang pun dianjurkan untuk tidak diberikan si kecil sampai anak berusia 1 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro