Garin Nugroho saat memaparkan film Tjokroaminoto./Antara
Entertainment

Film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto Tayang 9 April

Ipak Ayu H Nurcaya
Selasa, 31 Maret 2015 - 21:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kisah Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto yang dikenal sebagai salah satu pelopor pergerakan di Indonesia.

Dia adalah pendiri Serikat Islam pada awal 1900 untuk memperjuangkan hak dan martabat masyarakat Indonesia. Dia juga dikenal sebagai guru bangsa, muridnya antara lain Soekarno yang selanjutnya menjadi presiden pertama Republik Indonesia, Alimin, Kartosuwiryo, dan Tan Malaka.

Pada awal abad ke-20 sejarah sinema Indonesia terbangun dengan terbukannya era industri, turisme, komunikasi dan politik. Sebuah zaman baru yang menuntut hiburan sebagai relaksasi seiring pertumbuhan kota-kota di Jawa sekaligus sebagai media informasi menandai lahirnya abad visual awal.

Kesemuanya oleh Sutradara, Garin Nugroho akan diangkat dalam layar lebar yang tayang serentak 9 April ini. Garin mengatakan ketika berbicara mengenai HOS Tjokroaminoto pada dasarnya berbicara tentang asal-usul politik kehidupan berbangsa di masa itu. "Kita akan melihat bagaimana kemuliaan dan kehebatan asal-usul politik yang dibawa beliau," ujarnya, Senin (31/3/2015).

Garin memilih aktor Reza Rahardian untuk memerankan tokoh utama dalam film ini. Sejumlah pemain lainnya yang terlibat a.l Ibnu Jamil, Putri Ayudya, Deva Mahenra, Tahta Ginting, Chelsea Islan, Maia Estianty, dll. 

Film ini juga melibatkan enam produser yang ahli pada bidangnya yaitu aktris senior, Cristine Hakim, Dewi Umaya, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Nayaka Untara, Didi Petet dan Alm. Ari Syarif.

Reza Rahardian mengatakan banyak sekali tantangan dalam memerankan tokoh sejarah yang luar biasa ini. "Pokoknya ini film yang sangat penting untuk ditonton bangsa ini, agar bangsa ini tak hanya mengenal tokoh sejarah sebagai nama jalan," katanya dalam peluncuran pertama Film HOS Tjokroaminoto di Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (31/03/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro