Health

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Untuk Perempuan

Reni Efita
Rabu, 1 April 2015 - 17:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kadang-kadang kondisi kemacetan lalu lintas membuat orang sering menahan buang air kecil, karena diperlukan waktu agak lama untuk mencari toilet, terutama bagi perempuan.

Berbeda dengan laki-laki, meski dalam kondisi macet, mungkin untuk mencari solusi buang kecil lebih mudah dibandingkan kaum hawa. Tidak hanya pada kondisi macet, tapi bisa juga orang nahan buang air kecil, karena toiletnya yang jauh dari tempatnya.

Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UI, Prof. Dr. dr. Perlindungan Siregar Sp.PD-KGH mengatakan perempuan lebih banyak mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria, karena saluran uretanya lebih pendek. Penyebab terjadinya infeksi saluran kecing itu, katanya, karena sering menahan buang air kecil dan kumannya masuk dari anus.

Untuk pencegahannya, jangan tahan kecing, dan jangan minum air sampai terasa haus. Sementara kaum pria, katanya, banyak mengalami penyakit ginjal dibandingkan wanita. Untuk mengetahui penyakit ginjal, katanya, dapat dilakukan melalui periksa darah.

Ada 8 langkah untuk menjaga kesehatan ginjal:

1. Menjaga badan tetap bugar dan aktif berolahraga.

2. Menjaga kadar gula darah.

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan tetap ideal.

5. Mengkonsumsi air yang cukup.

6. Tidak merokok.

7. Tidak mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang.

8. Memeriksa fungsi ginjal secara berkala.

Air, katanya, berperan dalam hal mengurangi kemungkinan timbulnya batu saluran kemih bagi mereka yang berpotensi terkena batu saluran kemih karena faktor keturunan.

Air juga berperan mencegah infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan ginjal, masyarakat diimbau untuk minum air putih yang cukup. Pada orang yang sehat dan aktif, dengan minum setidaknya 2 liter sehari maka jumlah urin yang dikeluarkan akan bertambah sehingga mengencerkan zat-zat pembentuk batu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro