Damien Dematra (kiri)/damiendematra.com
Entertainment

Film Indonesia, Captain Jihad, Terpilih di Los Angeles Cinefest

Puput Ady Sukarno
Rabu, 1 April 2015 - 16:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Saat Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret, angin segar bertiup untuk film Indonesia,  film tentang jihad yang mengangkat kisah hidup Nasir Abas terpilih di Los Angeles Cinefest.

Damien Dematra mengatakan selain terpilih di ajang tersebut, rencananya akan ditayangkan di Sunset Film Festival.

"Film semi-dokumenter yang diberi judul Captain Jihad ini terpilih di kategori Film Feature Dokumenter," tuturnya dalan siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (1/4/2015).

Damien mengatakan film tentang mantan Ketua Mantiqi 3 Jamaah Islamiyah ini sebelumnya telah terpilih sebagai film dokumenter terbaik di Festival Film International Amerika dan telah ditayangkan di Amerika Serikat.

"Di Indonesia sendiri film ini telah ditayangkan secara terbatas di Blitz Megaplex dan di beberapa pesantren di Indonesia," ujarnya.

Film dokumenter ini mengupas habis tentang makna jihad yang sebenarnya dan bahwa Islam adalah agama damai.

Di tengah-tengah isu ISIS, film ini menjadi sangat relevan dan diharapkan generasi muda dapat semakin menghayati makna Islam yang sesungguhnya, sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin—agama yang membawa rahmat bagi seluruh makhluk, yang artinya memberikan kebaikan bagi semua makhluk di bumi.

Latar belakang pembuatan film ini sendiri dimulai pada Mei 2009. Ketikamembuat riset untuk novel dan skenario film Demi Allah Aku Jadi Teroris, Damien Dematra pertama kali bertemu dengan Nasir Abas.

Damien Dematra, sebagai seorang yang peduli dengan isu-isu kemanusiaan, terinspirasi dengan transformasi yang dialami oleh Nasir Abas dan memutuskan untuk membuat film tentang beliau.

Menurut Damien, awalnya dia berencana untuk membuatnya dalam versi film cerita, namun karena keterbatasan dana, film ini dibuat dalam bentuk semi-dokumenter dan dibutuhkan lebih dari 2 tahun untuk menyelesaikan projek film ini.

"Diharapkan Film Captain Jihad dapat menjadi salah satu pengingat bagi seluas-luasnya masyarakat tentang pentingnya hidup dalam perdamaian di atas berbagai keyakinan dan perbedaan sesuai hakikat yang dibawa dalam setiap agama," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro