Health

Sakit Kepala Hebat? Hati-hati Gejala Stroke!

Tisyrin Naufalty Tsani
Kamis, 9 April 2015 - 21:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Orang yang mengalami sakit kepala hebat rupanya harus waspada, karena bisa jadi itu merupakan salah satu gejala penyakit stroke.

Stroke merupakan penyakit yang sudah familiar di tengah masyarakat karena bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini muncul karena adanya kerusakan pada pembuluh darah di otak secara mendadak.

Dokter spesialis saraf Bethsaida Hospitals Puspasari mengatakan salah satu gejala stroke yang musti diwaspadai yaitu sakit kepala yang menyebabkan seseorang tidak bisa beraktivitas.

“Skala nyerinya 7-10, itu sakit kepala yang rasanya seperti tersambar petir,” katanya di Jakarta Kamis (9/4/2015).

Selain sakit kepala hebat, gejala stroke lainnya adalah penglihatan yang terganggu pada satu atau dua mata, kesulitan dalam berjalan,  terlihat bingung, kesulitan bicara, lemas, kesemutan, hingga mulut miring atau mencong.

Dia mengingatkan agar saat mengalami salah satu gejala tersebut untuk segera datang ke dokter dan berkonsultasi.

Ada pula sebuah cara mudah untuk mengenali tanda-tanda stroke pada seseorang yang disingkat FAST. FAST terdiri dari kata face, arm, speech, dan time

Dari sisi face (wajah), cobalah minta orang yang dicurigai stroke untuk tersenyum lebar. Lihatlah ada keanehan atau tidak pada mulutnya.

Sementara dari sisi arm (lengan), cobalah minta orang tersebut mengangkat kedua lengan. Lihatlah apakah dia lemas dan kesulitan saat melakukannya.

Lalu dari sisi speech (kemampuan bicara), mintalah untuk menyebutkan kalimat sederhana dan dengarkan dengan seksama apakah betul pengucapannya.

Terakhir, ingatlah sisi time (waktu). Stroke sangat berpacu dengan waktu. Jika sudah ada gejala yang muncul, segera bawa orang yang mengalaminya ke rumah sakit terdekat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro