Kaltim Fair 2015 digelar di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Madya Sempaja, Kota Samarinda. /Bisnis.com
Ekspo

Kaltim Fair 2015, Ini Bedanya dengan Kaltim Expo

M. Taufiqur Rahman
Jumat, 10 April 2015 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA – Gelaran Kaltim Fair 2015 secara resmi dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kaltim M. Sabani pada Kamis (9/4/2015). Namun, sebagian besar masyarakat kaltim tidak mengetahui perbedaan Kaltim Fair dengan Kaltim Expo.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (BPMPTSP) Kaltim Didi Rusdianysah mengatakan sebagian besar masyarakat menganggap kedua acara tersebut memiliki maksud yang sama. Anggapan ini, sebutnya jelas keliru.

“Sebenarnya dua acara itu memiliki ide dan tujuan yang berbeda, sama sekali tidak sama. Hanya pengemasannya saja yang mirip,” katanya kepada Bisnis.com, Jumat (10/4/2015).

Dia menyebutkan Kaltim Fair merupakan ajang tahunan yang ide dasarnya untuk menampilkan produk-produk kerajinan maupun makanan olahan khas daerah yang diusahakan oleh para pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah atau skala UMKM.

“Kaltim Fair diperuntukkan bagi UMKM yang ada di Kaltim,” jelasnya.

Dalam ajang tersebut, UMKM mendapat stan untuk memamerkan dan memasarkan produk kerajinannya kepada masyarakat umum. Biasanya, sebutnya, UMKM yang mengikuti acara ini berasal dari UMKM binaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kaltim.

Sementara itu, Kaltim Expo merupakan ajang tahunan yang ditujukan bagi pelaku usaha skala besar yang ada di Kaltim untuk menjalin bisnis dan kerjasama dengan calon investor yang tertarik untuk berinvestasi.

“Jadi untuk Kaltim Expo, diikuti oleh perusahaan targetnya adalah deal bisnis atau arus investasi untuk pembangunan Provinsi Kaltim,” pungkasnya.

Saat ini tengah diselenggarakan ajang Kaltim Fair 2015 di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Madya Sempaja, Kota Samarinda. Acara tersebut digelar sejak 9 April 2015 dan bakal berakhir pada 13 April 2015.

Berbagai UMKM binaan SKPD di lingkup Provinsi Kaltim ikut serta dalam ajang kali ini. Diantaranya, UMKM kerajinan kain tenun khas Kaltim, manik-manik khas Kaltim, kerajinan batu akik dan beberapa UMKM yang bergerak di makanan olahan khas Kaltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro