Daging merah/boldsky.com
Health

Tips Mengonsumsi Lemak Sesuai Kebutuhan Tubuh

Fitri Rachmawati
Rabu, 15 April 2015 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Pakar Nutrisi Emilia Achmadi mengatakan manusia perlu mengonsumsi lemak untuk membantu organ-organ di dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah jenis hingga jumlah takaran lemak yang dikonsumsi, karena jika salah memilih hingga terlalu banyak mengonsumsi salah satu jenis lemak. Justru hal tersebut akan membahayakan tubuh Anda.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita bersikap bijak terhadap asupan makanan [lemak] yang masuk ke dalam tubuh kita,” tuturnya Rabu (15/04/2015).

Berikut tips mengonsumsi lemak bagi Anda yang sangat suka makan makanan yang mengandung lemak

Jangan Banyak Digoreng

Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang di goreng (deep frying) atau menggoreng dengan banyak minyak, karena makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang lebih tinggi termasuk dengan kandungan lemak jenuhnya.

Untuk itu, sebaiknya lebih banyak mengonsumsi makanan yang dikukus, ditumis atau makanan yang berkuah.

Gunakan Minyak Goreng atau Margarin Hanya 2 Kali

Jika menggunakan minyak goreng atau margarin sebaiknya hanya digunakan dua kali saja, karena kandungan lemak jenuh pada minyak yang digunakan terus menerus akan semakin meninggi.

Di mana lemak jenuh tersebut sangat berbahaya sebagai pemicu kolesterol tubuh, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tingggi. Selain itu, resiko terkena penyakit kanker, tumor dan penyakit degenarif lainnya.

Gunakan Alat Masak Yang Tidak Menyerap Minyak

Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan alat masak yang tidak menyerap minyak seperti wajan salah satunya.

Cari Jenis Lemak Yang Kandungannya Sedikit

Cara lainnya yaitu mengganti jenis lemak yang kandungannya lebih sedikit. Seperti santan yang banyak mengandung lemak diganti dengan susu full krim yang kandungan lemaknya jauh lebih rendah.

Olah Makanan Dengan Oven

Sebaiknya mengolah jenis makanan tertentu dengan di oven seperti terong. Jika Anda penyuka terong belado sebaiknya mengolah makanan tersebut dengan di oven, karena jika di goreng biasanya minyaknya banyak diserap terong dan sekaligus akan Anda konsumsi.

Jangan Serakah

Cara lain yang utama adalah jangan serakah jika makan, sebaiknya hanya makan secukupnya sesuai dengan aktifitas yang Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro