Anak Sembelit/
Health

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak

Fitri Rachmawati
Rabu, 15 April 2015 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dokter Spesialis Kesehatan Anak dari  RSU dr Soetomo Surabaya dr Soebijanto Marto Sudarmo mengatakan konstipasi atau sembelit pada anak merupakan gejala sulit atau terhambatnya buang air besar, dan biasanya anak sering kali merasa takut karena timbul nyeri saat buang air besar.

Untuk ciri konstipasi fisiologis yang tidak parah anak biasanya tidak rewel dan buang air besar lebih dari 3 kali per minggu. Namun, jika konstipasi dengan frekuensi buang air besar dua kali atau lebih per minggu hingga ukuran feses yang berlebihan.

Kemudian si kecil cenderung tidak dapat menahan air kencing setidaknya sekali per minggu, riwayat nyeri gerakan usus hingga adanya massa tinja besar dalam rectum. Sebaiknya segera dibawa ke dokter, karena hal tersebut sudah masuk ke gejala patologis.

Untuk mengatasi dan menghindari sembelit atau konstipasi pada anak, Anda bisa mencoba tips berikut:

Perbanyak Asupan Cairan

Meningkatkan asupan cairan selain susu dinilai sangat membantu mengurangi sembelit pada anak.

Konsumsi 5 Kali Buah Dan Sayur

Usahakan mengonsumsi 5 kali buah-buahan dan sayuran dalam sehari, karena kandungan serat dalam sayuran dan vitamin dalam buah-buahan akan membantu memperlancar buang air besar.

Perbanyak Makanan Berserat

Meningkatkan konsumsi jenis makanan berserat seperti sarapan sereal yang tinggi serat, roti gandung tinggi serat, kentang dengan kulitnya, hingga pasta yang terbuat dari gantung tinggi serat dan beras merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro