Perceraian/
Relationship

Perempuan Bercerai Rentan Terkena Serangan Jantung

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 April 2015 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ternyata perempuan yang bercerai berisiko lebih besar memiliki serangan jantung, bahkan jika mereka menikah kembali. Sedangkan perempuan menikah dan langgeng pernikahannya lebih rendah potensinya.

Menurut penelitian baru oleh Duke Medicine, seorang wanita yang telah melalui dua atau lebih perceraian hampir dua kali lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung jika dibandingkan dengan rekan-rekan perempuannya yang stabil dengan perikahan mereka.

Peneliti dan penulis profesor Matthew Dupre, Ph.D., mengatakan bahwa penelitian ini adalah salah satu yang pertama untuk melihat efek kumulatif dari perceraian dalam jangka panjang, dan mereka menemukan bahwa hal itu bisa memiliki jejak abadi terhadap kesehatan masyarakat.

Temuan itu didasarkan pada tanggapan dari kelompok perwakilan nasional dari 15.827 orang berusia 45-80 yang telah menikah setidaknya sekali. Peserta diwawancarai setiap dua tahun 1992-2010 tentang status perkawinan mereka dan kesehatan. Sekitar sepertiga peserta telah bercerai setidaknya sekali selama studi 18-tahun.

Meskipun laki-laki umumnya pada risiko tinggi untuk serangan jantung, tampak wanita bernasib lebih buruk daripada pria setelah perceraian, meskipun perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik.

Pria yang telah bercerai memiliki sekitar risiko yang sama seperti orang-orang yang tetap menikah. Dan setelah dua atau lebih perceraian bahwa risiko untuk pria naik, studi ini menemukan.

Studi ini juga menemukan bahwa pria yang menikah lagi juga bernasib lebih baik daripada wanita. Studi ini dipublikasikan dalam Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro