Ilustrasi/Topfashionz
Relationship

Ternyata Perempuan Indonesia Malu Mengaku Cantik. Ini Penyebabnya

Ipak Ayu H Nurcaya
Jumat, 17 April 2015 - 06:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beragam kekayaan budaya Indonesia selalu mengulik cerita unik dan ke khasannya sendiri termasuk kecantikan para wanitanya. Namun, survei terbaru dari Dove, salah satu perusahaan consumer goods PT. Unilever menunjukkan hanya satu dari 10 wanita Indonesia yang mengakui dirinya cantik.

Marketing Director Skin Cleansing and Body Care PT. Unilever Indonesia Tbk., Eva Arisuci Rudjito mengatakan survei ini dilakukan di tiga kota besar, Jakarta, Surabaya dan Medan kepada 300 responden wanita dengan rentang usia 18-64 tahun.

Eva menambahkan menjadi cantik adalah sebuah keputusan. Dengan memilih dirinya untuk menjadi cantik maka seorang wanita akan menyelesaikan satu masalah penting dalam hidupnya.

"Wanita cenderung selalu memerhatikan kekurangan dalam dirinya, sehingga tidak bebas mengeksplor lebih jauh potensi yang ada dalam dirinya," katanya di Restoran Bunga Rampai, Jakarta, Kamis (16/4).

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Klinis, Efnie Indrianie mengatakan salah satu alasan wanita Indonesia tidak suka mengakui kecantikannya karena adanya budaya lokal yang cukup kuat.

"Berdasarkan culture psychology , masyarakat Indonesia itu kolektivis, di mana lebih mementingkan persepsi bersama dibandingkan dengan persepsi individu. Faktor ini terkadang membatasi wanita Indonesia dalam memberikan persepsi cantik bagi dirinya," kata Efnie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro