Ibu baru melahirkan/birthcompanions.org.uk
Health

Ibu Muda Jangan Stress Hadapi Anak Pertama

Ipak Ayu H Nurcaya
Jumat, 17 April 2015 - 06:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kisah-kisah ibu muda yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah menghadapi anak pertama. Keputusan untuk menikah dalam usia yang muda pasti dilatarbelakangi dengan berbagai alasan personal maupun intrapersonal.

Seorang yang masih terbilang dalam usia muda disaat teman-temannya masih menikmati indahnya dunia pergaulan yang bebas tanpa ikatan sebuah janji suci pasti akan dituntut dengan berbagai tanggungjawab dan beban yang lebih.

Suami yang harus mendapat perhatian dan urusan rumah tangga lainnya ditambah kehadiran seorang anak pasti menjadi sesuatu yang baru bagi si gadis.

Psikolog dari Universitas Indonesia, Mira D Amir mengatakan pentingnya pendidikan seseorang ketika akan menjalani biduk rumah tangga. Menurutnya pendidikan formal yang ada di Indonesia tidak ada yang khusus mengajarkan untuk menjadi ibu yang baik.

"Namun kini banyak lembaga-lembaga yang membukap arenting school atau sekolah berbasismendidik orang tua baru. Selain itu layanan posyandu yang ada disetiap daerah sebaiknya tidak hanya memberikan gizi dan kebutuhan kesehatan anak tetapi dibuat program untuk pendidikan bagi si ibu," kata Mira.

Kemudian melibatkan perang orang tua si ibu atau nenek si bayi sangat baik dianjurkan, karena kecenderungan orang tua baru di Indonesia dalam mendidik anak adalah mengacu pada pendidikan yang diterimanya dulu ketika menjadi anak.

Hal ini boleh dilakukan, tapi orang tua baru juga harus tetap terbuka dengan perubahan zaman yang banyak merubah kebiasaan dan keadaan lain. Lebih penting, ketika anak mulai menginjak usia balita dan bisa membedakan sesuatu hal, sebaiknya si ibu dan nenek sianak mempunyai kesepakatan untuk pola mendidik yang akan diterapkan keduanya pada si anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro