FemaleDev Summit 2015/JIBI-Istimewa
Fashion

FemaleDev Dorong Lebih Banyak Perempuan Berkarya di Bidang Teknologi

Andhina Wulandari
Rabu, 22 April 2015 - 09:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- FemaleDev Summit 2015 yang diselenggarakan oleh KIBAR berusaha menginspirasi perempuan untuk menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing.

Acara yang digelar di Gedung Carakaloka Kementerian Luar Negeri, Selaa (21/4/2015), tidak hanya untuk merayakan Hari Kartini tapi juga berusaha mendorong perempuan dan memaksimalkan potensi terbaik mereka, serta menginspirasi perempuan untuk lebih berkarya dengan dukungan teknologi.

"FemaleDev ingin mendorong perempuan untuk semakin memahami teknologi, dan mengoptimalkannya untuk mencapai mimpi serta cita-cita," ujar Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR selaku inisiator FemaleDev, dalam siaran pers, Rabu (22/4/2015).

"Kita percaya bahwa perempuan mampu menciptakan karya yang berdampak bagi masyarakat, tidak hanya itu mereka juga kini semakin mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin di berbagai institusi. FemaleDev merupakan sebuah bukti nyata bahwa perempuan bisa berkarya dengan lebih optimal menggunakan dukungan teknologi," jelasnya.

8 dari 34 orang Menteri (23%) di Kabinet Presiden Joko Widodo dan 97 dari 560 (17,3%) anggota DPR RI adalah perempuan. Jumlah tersebut secara sekilas bisa menjadi gambaran tentang peranan perempuan pada bidang kepemimpinan di Indonesia.

Akan tetapi, peranan perempuan di Indonesia masih seringkali dipandang sebelah mata, terutama dalam bidang yang didominasi oleh laki-laki semacam teknologi informasi.

Sebagai salah satu negara dengan perkembangan industri teknologi yang cukup tinggi, hal tersebut bisa menjadi peluang dalam upaya meningkatkan jumlah perempuan yang menjadi pemimpin di Indonesia. Semua pihak perlu mendorong dan memberdayakan lebih banyak pemimpin perempuan dengan memanfaatkan teknologi.

“FemaleDev Summit 2015 menghadirkan para perempuan bertalenta di Indonesia yang mengoptimalkan teknologi untuk mengembangkan karir mereka. Kami ingin menunjukkan bagaimana perkembangan teknologi, membuat perempuan dapat lebih mempunyai karir yang lebih baik," tutur Yansen.

Pada FemaleDev Summit 2015, hadir para perempuan ternama di antaranya, Betti Alisjahbana (Mantan Komisioner Garuda Indonesia), Putri Tanjung (Penggagas CreativePreneur Event Creator), Hanifa Ambadar (CEO Female Daily Network), Monica Carolina (Founder Nixia Gamer), Atimas Nurahmad (Technical Account Manager Microsoft), Karina Akib (Strategic Partner Manager and Channel Partnership Google), drg. Syanti Wahyu (Praktisi Digital Smile Design), Sabrina Anggraini (Founder Kultara.com), Leonika Sari (Founder RedBlood) dan Elsa Darwin, (Analisis Calon Presiden & Calon Wakil Presiden Indonesia 2014).

FemaleDev merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk mendorong dan memberdayakan lebih banyak generasi pemimpin perempuan dengan memanfaatkan teknologi.

Sejak diinisiasi oleh KIBAR pada Februari 2013 lalu, FemaleDev telah menjaring sekitar 2.500 perempuan muda yang mempunyai misi untuk berkarya dengan memanfaatkan teknologi.

FemaleDev telah menyelenggarakan workshop sebanyak lebih dari 60 kali di 10 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Madura, Malang, Makassar, Pontianak, dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro