Ilustrasi-Konser musik J-Rocks/Antara
Musik

Industri Musik Lesu, Ini Siasat Aquarius Musikindo

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 23 April 2015 - 08:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— PT Aquarius Musikindo sebagai salah satu label rekaman di Indonesia mengakui industri musik Tanah Air melesu. Oleh karena itu, perlu dilakukan sejumlah cara agar dapat bertahan.

Asisten Direktur PT Aquarius Musikindo Arie Suwardi Widjaja mengatakan beberapa toko kaset milknya terpaksa harus gulung tikar akibat sepi pembeli. Menurutnya, kaset dan compact disc memang sudah tak laku lagi. Dengan demikian, harus disiapkan pijakan untuk beralih ke media yang berbasis digital.

“Pasar industri musik yang fisik hampir punah. Toko-toko kaset Aquarius terpaksa harus tutup karena memang tidak cocok lagi,” ujarnya saat konferensi pers di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Sebelum masuk ke iTunes, katanya, pasar besar peredaran musik digital di Indonesia bisa dicoba adalah dalam bentuk ring back tones (RBT). Melalui RBT, tuturnya, penjualan musik bisa terdongkrak. iTunes, tambahnya, bisa menjadi target selanjutnya untuk mendistribusikan musik.

“[Musik digital] baru mulai tumbuh. [Akan coba] iTunes, setelah pasar besar di Indonesia adalah RBT,” katanya.

Media lain seperti melalui program musik di stasiun televisi, dinilainya masih belum bisa menjadi media yang pas. Pasalnya, penonton acara musik tersebut belum menggambarkan pasar yang akan dijaring. Dengan demikian, dia pun memilih untuk menggelar pertunjukkan musik langsung untuk memperdengarkan karya musisinya.

“Acara musik jalur atau penontonnya kurang pas dengan karya kita. Jadi memang kita menyuarakan bagaimana keberadaan band ini. Ini salah satu strategi kita,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Aquarius memperkenalkan kembali empat band yang mereka naungi untuk tampil di panggung yang sama.

Empat band tersebut yaitu Utopia, J-Rocks, D’Cinnamons, dan Nineball. Masing-masing band memainkan tiga lagu dengan satu single baru. Utopia tampil menyanyikan lagu berjudul Mencintaimu Sampai Mati, Baby Doll, single terbarunya yaitu Rasa Ini Indah dengan nuansa vokal baru dari Anna vokalis barunya.

J-Rocks menampilkan tiga lagu yaitu Meraih Mimpi, Karena Kita dan Together—single terbarunya yang berkolaborasi dengan band asal Korea, Jepang dan China.

D’Cinnamons yang menyajikan musik akutistik, menyanyikan lagu berjudul Teman Hidup, Selamanya dan single terbarunya berjudul Warna-Warni Cinta. Sementara itu, Nineball membawakan lagu Akulah Srigala, Hingga Akhir Waktu dan lagu terbaraunya berjudul Aku Jatuh Cinta Lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro