Kapan sebaiknya anak leluasa menggunakan media sosial sendiri? /Reuters
Health

Kapan Sebaiknya Anak Punya Akun Sosial Media Sendiri?

Ipak Ayu H Nurcaya
Sabtu, 25 April 2015 - 08:10
Bagikan

Anak-anak zaman sekarang semakin ‘melek’ teknologi, dan dengan mudahnya berselancar di dunia maya. Apalagi dengan gadget canggih ada di tangan, anak bisa mencari informasi, bermain games, dan ‘bergaul’ di media sosial.

Selain sudah sangat familiar dengan FB, Twitter, dan Instagram, anak-anak masa kini juga akrab dengan Pinterest dan juga LINE. Dampaknya, fenomena ‘update’ dulu sebelum melakukan kegiatan rutin seolah menjadi penting setiap harinya.

Namun, keaktifan anak di media sosial tidak lepas dari peran orang tua. Tak jarang para orang tua membuatkan akun sendiri untuk sang anak, bahkan sejak anak masih berusia di bawah tiga tahun.

Psikolog Kasandra Putranto mengatakan pada zaman digital seperti ini, salah satu keberhasilan memang ditunjukkan dengan penggunaan internet, sehingga bukan lagi menjadi hal yang wah dan luar biasa bila anak-anak kecil di Indonesia sudah terbiasa dengan gadget.

Menurut dia, fenomena orang tua yang senang membuatkan akun untuk anaknya bahkan sejak anaknya dalam usia bayi sebenarnya tidak salah. “Paling penting adalah menetapkan tujuan pembuatan akun anak tersebut,” jelasnya.

Sebenarnya, kata dia, tidak selamanya media sosial negatif bagi anak karena melalui interaksi di media sosial, anak juga bisa belajar berbagi pengalaman dengan sesamanya.

Namun demikian, orang tua tidak boleh lengah dalam mengawasi anak menggunakan akun media sosial. Sedikit saja orang tua lalai dalam pengawasan, banyak hal negatif yang akan diperoleh sang anak.

Tanpa pengawasan dari orang tua, anak bisa menjadi adiktif dan sering membuang waktu hanya untuk bermain gadget. Padahal, di usianya yang masih rentan anak harus lebih dibiasakan berinteraksi dengan kehidupan sosial nyata untuk menumbuhkembangkan sifat-sifat budi pekerti dasar seperti menghargai sesama, berbagi, dan rasa percaya diri pada anak.

Untuk usia tertentu, sah-sah saja bila anak memiliki akun sosial media, tetapi pastikan dulu anak sudah memahami plus-minusnya media sosial. Ketika memasuki dunia internet, anak sebenarnya dihadapkan pada dunia tanpa batas.

Jika kapasitas anak belum sampai untuk memasuiki dunia tanpa batas tersebut, maka banyak hal-hal negatif yang nantinya timbul ketimbang yang positif.  Untuk usia penggunaan gadget yang sepenuhnya pada anak, kata Ratih, mungkin di saat usianya menginjak 17 tahun ke atas. Pada usia ini, daya analisa serta logika anak sudah mulai berjalan dan berkembang.

Menurut psikolog Liza Marielly Djaprie, meski kemampuan anak berbeda-beda tetapi, di usia belasan saat sudah menginjak bangku sekolah menengah pertama mungkin sudah mulai diberikan pembelajaran dan pemahaman tentang dunia internet.

“Itu pun harus dalam pengawasan orang tua seperti orang tua juga memiliki password akun anak tersebut, atau sistem paralel dengan komputer lain, sehingga apapun aktivitas anak dapat terpantau oleh komputer orang tua,” katanya.

Bagi orang tua yang sudah terlanjur membuatkan akun media sosial untuk anaknya, jika anak sudah mulai mengerti, jelaskan kembali alasan-alasan orang tua membuat akun tersebut. Bisa saja anak diberikan pengertian akun media sosial itu untuk mempromosikan usaha baju anak, bahkan untuk alasan sederhana seperti berbagi momen pada sahabat dan kerabat, atau sekadar dapat dilihat kembali di masa depan.

Namun, anak harus selalu diberikan pemahaman tentang risiko bermain di media sosial, termasuk maraknya tindak kejahatan seksual, penculikan, dan cyberbullying (pelecehan). Anak harus diberikan pengertian soal bahaya dan cara menghadapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia Week End edisi 26/4/2015
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro