Bayi/boldsky.com
Health

Ini 4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Anak Usia 6-9 Bulan

Fitri Rachmawati
Sabtu, 25 April 2015 - 11:57
Bagikan

 Bisnis.com, JAKARTA—Pakar Gizi Medis dari Universitas Indonesia dr Saptawati Bardosono mengatakan Jenis makanan seperti kacang hijau dan kacang merah yang direbus, diblender dan disaring merupakan makanan yang sangat baik untuk si kecil usia 6 sampai 9 bulan.

Hal ini karena kandungan gizinya sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrinya. Namun, sebaliknya sebaiknya Anda hindari memberikan 4 jenis makanan ini a.l.

Cokelat

Cokelat mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi, sedangkan kadar proteinnya kurang. Jika anak terutama pada usia 6 sampai 9 bulan diberikan cokelat khususnya dengan porsi yang berlebihan dikhawatirkan akan merusak pertumbuhan gigi, dan kebutuhan gizi terutama protein tidak akan tercukupi.

Madu

Sedangkan madu sebaiknya dihindari, dan boleh dikonsumsi hanya dengan porsi yang sedikit. Hal ini karena jenis makanan ini terlalu banyak kandungan protein, lemak maupun karbohidratnya.

Kacang Tanah dan Kacang Mede

Sedangkan untuk kacang tanah, selain kandungan protein, lemak hingga karbohidrat yang terlalu tinggi untuk anak usia 6 sampai 9 bulan. Anjuran menghindari pemberian kacang tanah ini dikarenakan alasan alergi.

Dikhawatirkan jika anak diberikan jenis makanan ini akan menyebabkan alergi, terutama bagi anak yang memiliki orang tua dengan riwayat alergi kacang-kacangan.

Untuk itu, sebaiknya jika ingin memberikan jenis makanan ini tunggu si kecil berusia 12 bulan atau satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro