Anak susah makan/
Health

Tahapan Pemberian Makanan Pada Anak Yang Baru Belajar Makan

Fitri Rachmawati
Minggu, 26 April 2015 - 18:22
Bagikan

Bisnis.com,Jakarta—Pakar Gizi Medis dari Universitas Indonesia dr Saptawati Bardosono mengatakan pemberian makanan pendamping ASI saat anak berusia 6 bulan penting diberikan, karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi yang tidak lagi terpenuhi oleh ASI saja.

“Pada prinsipnya pemberian makanan pendamping ASI ini dimulai anak usia 6 bulan dan seterusnya higga si kecil mencapai pola makan dewasa,” tuturnya Sabtu (25/04/2015).

Selain itu, yang harus ibu perhatikan dalam pemberian makanan pendamping asi pertama bagi si kecil adalah tahapan dari aspek tekstur, konsistensi, porsi hingga frekuensi pemberian. Berikut tips tahapan pemberian makanan pendamping asi pertama anak yang ideal a.l.

Tahap Awal

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap awal pemberian makanan pendamping ASI yaitu mulai usia 6 bulan terdiri dari satu rasa dengan tekstur lembut.

Tahap Kedua

Sedangkan untuk tahap yang kedua, sebaiknya Anda mulai memperkenalkan berupa variasi resep bergizi yang dapat menstimulasi indera rasa dan bau makanan.

Tahap Ketiga

Kemudian mulai usia 8 bulan sebaiknya memberikan makanan yang bervariasi rasa dan tekstur. Hal ini penting dilakukan agar si kecil mengenal berbagai rasa dan tekstur dan menghindari kebosanan. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung butir ikan, sayuran dan buah untuk melatih mengunyah.

Tahap Junior

Ketika si kecil masuk usia 1 tahun ke atas berikanlah makanan yang lebih bervariasi lagi dan mulai dikenalkan dengan makanan atau menu keluarga. Namun, masih harus memperhatikan rasa seperti hindari pedas, asam, dan jangan menggunakan penyedap rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro