Ilustrasi/Gardenoflife
Health

Berikut Tips Berolahraga Untuk Anak-anak

Fitri Rachmawati
Selasa, 28 April 2015 - 10:59
Bagikan

Bisnis.com,Jakarta-- Spesialis Kedokteran Olahraga dr Sophia Hage mengatakan perilaku anak yang kurang bergerak aktif atau sedentary, dan asupan gizi yang kurang memadai akan menyebabkan anak tumbuh kurang optimal.

“Untuk itu diharapkan setiap anak agar aktif melakukan aktivitas fisik salah satunya dengan berolahraga secara teratur dan makan bergizi,” tuturnya Selasa (28/04/2015).

Adapun, agar anak mau aktif melakukan aktivitas fisik salah satunya dengan mengurangi kegiatan menonton televisi hingga bermain game, dan mendorong anak untuk mau berolahraga dengan cara menyenangkan. Berikut tips berolahraga bagi anak yang bisa Anda coba a.l.

Pilih Tipe Aktifitas

Fisik Menyenangkan Hal yang pertama dilakukan adalah mendorong anak untuk melakukan aktfitas fisik dengan jenis olahraga yang disukai anak.

Pilih Tipe Olahraga Aerobik atau Kekuatan Otot

Biarkan anak memilih tipe olahraga yang disukainya seperti tipe olahraga aerobik a.l. jalan kaki, jogging, lari, berenang, bersepeda, senam. Bisa juga memilih jenis olahraga permainan seperti basket, voli, sepakbola dan badminton. Sedangkan untuk tipe olahraga yang lebih melatih kekuatan otot a.l. bermain bar di taman bermain, sit up, push up modifikasi, tarik tambang, hula hoop, tak jongkok, hingga latihan kekuatan dengan menggunakan berat badan sendiri.

Lakukan Setiap Hari

Untuk frekuensi sebaiknya dilakukan setiap hari dengan durasi minimal 1 jam untuk jenis tipe olahraga aerobik. Sedangkan 1 sampai 2 jam untuk tipe olahraga kekuatan otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro