Ilustrasi/Reuters
Health

10 Cara Mudah Hilangkan Stres: Dari Cubit Alis Sampai Peluk Diri Sendiri

Dimas Novita Sari
Rabu, 29 April 2015 - 13:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres tentunya acap kali menyerang kita. Bahkan jika tidak segera ditangani stres dapat berefek lebih buruk pada tubuh. Namun, tenyata terdapat hal ringan yang dapat mengurangi stres, apa saja kah itu?

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (29/4/2015), berikut beberapa trik untuk meredam stres yang tak terduga.

1. Membasuh tangan di dalam air hangat
Merendam bagian tubuh kita dalam air hangat akan menenangkan sistem saraf parasimpatik. Sistem saraf tersebut bertanggung jawab untuk membawa tubuh agar tetap tenang.

2. Bersenandung
Studi menunjukkan kombinasi dari vokalisasi dan getaran memiliki efek postif pada tekanan darah, akibat bagian dari respons terhadap stres.

3. Membuat mimik wajah jelek
Ketika kita stres otot wajah akan menegang. Cobalah meregangkannya dengan menggerakkan wajah meskipun harus bermimik jelek sekalipun.

4. Mengunyah seledri

Penelitian menyebutkan mengunyah dapat membantu mengurangi kadar kortisol. Selama ini orang lebih memilih mengunyah permen karet untuk mengurangi stres. Ternyata ada makanan yang lebih baik untuk dikunyah yakni seledri. Dengan menguyah sayuran hijau tersebut, kita akan mendapatkan keuntungan dari zat apigenin yang dapat menenangkan dan digunakan sebagai obat insomnia.

5. Mencorat-coret
Ketika stres kita hanya memiliki sedikit ruang dalam otak untuk bersikap kreatif. Ekspresikan kondisi tersebut dengan menggambar ataupun mencorat-coret.

6. Cubit alis mata
Ketika stres aliran darah di sekitar otak meningkat. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala karena tegang di sekitar dahi . Oleh karena itu cobalah mencubit alis di dekat hidung untuk melemaskan otot wajah yang berkontraksi akibat stres.

7.Oleskan lip balm
Ketika stres keinginan kita untuk makan atau menyentuh mulut muncul. Menyentuh bibir tenyata dapat merangsang saraf yang dapat membantu kita menenangkan diri sendiri. Daripada makan tidak terkontrol, lebih baik coba oleskal lip balm di bibir Anda.

8. Makan salad
Selada merupakan salah satu komposisi dalam salad. Selada telah lama dikenal sebagai penenang ringan alami karena zat lactucariumnya.

9. Lepas sepatu
Melepaskan sepatu dapat membantu sirkulasi darah lebih lancar sehingga akan memberikan efek rileks.

10. Peluk diri sendiri
Terdengar aneh memang. Namun, jika tidak ada pelukan yang bisa Anda terima, memijat, menggosok, atau meremas bagian tubuh Anda sendiri juga dapat menciptakan oksitosin. Oksotosin adalah hormon yang keluar ketika kita sedang jatuh cinta dan mampu membantu kita merasa bahwa semuanya baik-baik saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : Daily Mail
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro