Lidah/boldsky.com
Health

Cek Kesehatan Anda Lewat Warna Lidah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 4 Mei 2015 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Warna lidah Anda ternyata bisa mengungkapkan masalah kesehatan Anda. Karena alasan itulah mengapa dokter seringkali memeriksa kondisi lidah Anda saat Anda konsultasi dengannya.

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa lidah hanya untuk mencicipi dan berbicara. Namun, lidah dapat memprediksi kesehatan Anda. Lidah terdiri dari satu set otot bergabung bersama yang membantu kita untuk berbicara, rasa dan menelan.

Lidah memiliki pasokan yang kaya pembuluh darah dan air liur mengalir terus-menerus, sering dibersihkan terus-menerus, sehingga mengecilkan pertumbuhan bakteri berbahaya. Oleh karena itu, setiap perubahan warna, tekstur dan kelembaban lidah akan menentukan kondisi kesehatan Anda.

Lidah yang sehat adalah berwarna pink. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana warna lidah Anda mengungkapkan masalah kesehatan Anda, berikut penjelasannya:

Merah

Panas abnormal yang dihasilkan dalam tubuh Anda membuat warna merah muncul karenanya lidah tampak merah dan bengkak. Kekurangan vitamin, demam berdarah adalah beberapa alasan mengapa lidah Anda berwarna merah. Termasuk kekurangan zat besi, vitamin B-12 dan vitamin B3 dalam diet harian Anda

Hitam

Lidah yang hitam, menunjukkan kondisi kesehatan yang berbahaya. Hal ini biasanya terjadi terutama karena kebersihan mulut yang buruk. Kadang-kadang bakteri dan ragi terjebak sepanjang permukaan pusat lidah, sehingga membuat patch hitam di kulit. Merokok, minum terlalu banyak kopi dan kebiasaan makanan yang tidak sehat berkontribusi terhadap kondisi ini.

Kuning:

Jika lidah Anda berwarna kuning ini terjadi karena pembentukan ragi pada permukaan lidah karena kurangnya kebersihan mulut yang baik. Jika kebersihan mulut Anda baik, maka akan membantu Anda untuk memecahkan masalah ini

Coklat

Lidah berwarna cokelat menunjukkan bentuk tahap awal kanker kulit yang disebut melanoma. Jika Anda memiliki tempat cokelat di lidah yang telah berubah gelap, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda segera.

Ungu

Lidah yang berwarna ungu bisa berarti Anda mengalami bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi dan asupan makanan dingin yang berlebihan. Termasuk jumlah yang cukup bawang putih dan jahe mungkin membawa kembali warna lidah menjadi merah muda, yang normal.

Putih

Jika lidah Anda tampak putih mungkin saja Anda mengalami dehidrasi, sariawan atau ragi infeksi oral dan leukoplakia- pertumbuhan berlebih dari sel-sel pada permukaan lidah, umumnya ditemukan pada perokok, adalah beberapa alasan untuk lidah putih. Minum banyak air dan menjaga kebersihan mulut yang baik adalah beberapa cara untuk mengatasi situasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro