Ilustrasi-Busana muslim rancangan desainer Dian Pelangi/Antara
Relationship

Trik Sukses Bangun Usaha di Bidang Mode

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 4 Mei 2015 - 09:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Busana adalah satu di antara tiga kebutuhan pokok manusia. Tak heran usaha di bidang ini tetap potensial. Bagaimana trik sukses menjalani usaha mode?

Fashion Director Idcreativeworld Sys Sakri mengatakan perancang busana harus bisa memilih karyanya. Dia menilai terkadang, perancang busana yang terlalu idealis sulit memenangkan pasar. Menurutnya, perancang busana yang memiliki modal usaha mumpuni justru tak cukup bila mengandalkan idealisme.

"Biasanya kalau desainer modal gede, dia idealis. Terus terang biasanya gitu," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Untuk mengimbanginya, dia menganggap idealis dan mengikuti tuntutan pasar harus berjalan bersama. Sebagai contoh, dia menyebut saat ini banyak desainer mode yang memiliki dua label. Pertama, untuk segmen yang lebih eksklusif. Kedua, untuk segmen lain sebagai upaya mengikuti permintaan pasar.

"Menurut saya, idealis boleh tapi jangan over. Harus ikutin pasaran juga. Jadi 50:50. Kan banyak desainer terkenal punya second line," katanya.

Sementara itu, untuk desainer kreatif namun terganjal masalah dana bisa dengan mengikuti pameran-pameran skala kecil terlebih dahulu. Asalkan, karya yang dipamerkan sesuai dengan selera pasar dan diterima dengan baik. Seperti Jakarta Creative Week 2015 yang melibatkan 80 desainer lokal untuk unjuk gigi.

"Mereka (desainer) banyak yang kreatif tapi enggak punya dana. Jadi saya nolongin. Karyanya saya taruh di show sini, taruh show sana," katanya.

Dia pun mengaku senang melihat banyak desainer muda kreatif. Meskipun, dana kerap menjadi hambatannya. Yang terpenting, tutur Sys, desainer memiliki semangat untuk terus mengembangkan potensi diri dan terus berkarya.

"Jadi saya paling suka desainer muda yang ingin berkembang," katanya.

Acara Jakarta Creative Week 2015 mengusung tema Black/White dan diselenggarakan mulai tanggal 30 April sampai 3 Mei 2015 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Ditutup dengan peragaan busana yang dimeriahkan oleh Lemari Rajwa, Dana Collection, Mira dan Lindy Ann.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro