Minum air banyak sebelum haus berisiko overhidrasi/Antara
Health

Ini Bahayanya Minum Air Banyak Sebelum Haus

Newswire
Selasa, 5 Mei 2015 - 19:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Minum air secukupnya secara bertahap dapat membantu menghindari overhidrasi atau kelebihan cairan menurut pakar fisiologi olahraga dari Departemen Fisiologi FKUI, Ermita I. Ilyas.

Ermita mengungkapkan, selama ini orang-orang masih beranggapan minum sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat sebelum haus bisa mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Padahal, hal ini memicu terjadinya keadaan yang berbahaya, yaitu overhidrasi.

"Kondisi overhidrasi terjadi saat kita meminum air berlebihan dalam waktu singkat," ungkap dia dalam seminar media yang diselenggarakan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) di Jakarta, Selasa  (5/5/2015).

Dalam kasus yang berat, kondisi overhidrasi bahkan mampu menyebabkan penderitanya menghadapi kematian.

Dijelaskan, aat individu meminum air berlebihan dalam waktu singkat, maka cairan di luar tubuh akan meningkat dan elektrolit (natrium) akan berkurang. Kondisi ini mengakibatkan keseimbangan antara cairan di luar tubuh dan elektrolit berubah.  Sementara, tubuh selalu mempertahankan keseimbangan.

"Akibatnya cairan di luar sel akan berpindah ke dalam sel yang lebih pekat. Bila sangat berlebihan, sel-sel tubuh akan membengkak atau mengalami endema," jelasnya.

"Kaki dan tangan membengkak, begitu juga dengan sel-sel otak," tambah dia. Bila sudah begini, lanjut Ermita, penderita akan mengalami sakit kepala, terganggu kesadarannya, koma dan akhirnya meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro