Air/aquanaida.com
Health

Ini Tanda-tanda Anda Overhidrasi

Newswire
Selasa, 5 Mei 2015 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kondisi kelebihan cairan atau overhidrasi bisa bisa berakibat fatal. Pada tingkat yang berat, kondisi ini membuat penderita meninggal dunia.

Kendati demikian, terdapat sejumlah tanda yang bisa kita amati untuk menghidari akibat terburuk kondisi overhidrasi.

Menurut pakar fisiologi olahraga dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ermita I. Ilyas, sejumlah tanda ini di antaranya rasa mual, muntah dan perut terasa penuh.

"Overhidrasi diawali rasa mual, muntah, perut terasa penuh. Kita sudah tidak bisa bergerak karena perut terasa penuh," kata Ermita dalam seminar media di Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Selain itu, penderita akan mengalami sakit kepala, kedua kaki dan tangan serta jari-jari membengkak dan tidak sadarkan diri, karena sudah terjadi gangguan di bagian otaknya.

"Bila sudah berat, penderita bisa koma dan meninggal," kata Ermita. Selain itu, lanjut dia, untuk memastikan apakah individu mengalami overhidrasi, bisa juga melalui pemeriksaan kadar natrium plasma darah.

"Hal ini berbeda dengan orang yang diduga mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), di mana pemeriksaan dilakukan melalui warna urin. Pada penderita dehidrasi akan terlihat urin yang pekat dan berwarna kuning tua," katanya.

Dia mengatakan, untuk menghindari overhidrasi ringan sebaiknya batasi asupan minum dan mengonsumsi makanan ringan yang asin. Menurut dia, makanan asin bisa menarik air keluar sel.

"Sedangkan untuk mengatasi overhidrasi sedang dan berat, segera hentikan asupan cairan dan segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjut," kata Ermita.

Pencegahan overhidrasi dapat dilakukan dengan mengatur asupan cairan secukupnya, sesuai acuan yang bergantung pada cuaca, suhu dan kelembaban serta ukuran tubuh.

"Upayakan minum secara bertahap, tidak minum berlebihan atau sekaligus dalam waktu singkat. Tidak disarankan minum satu liter per jam.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro