Dibumbui dengan adegan segar, film ini pun diramaikan oleh akting Sutradara Hanung Bramantyo, Aktris Donna Harun hingga Duo Srigala yang popularitasnya melejit melalui YouTube. /bisnis.com
Entertainment

Film Youtubers: Ketika Media Sosial Berbicara Setajam Mulut

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 6 Mei 2015 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Youtubers yang dibuat oleh dua komika yaitu Kemal Palevi dan Jovial da Lopez mengurai bagaimana peran media sosial di era digital. Tajamnya perkataan tak hanya keluar dari mulut tapi juga melalui media sosial.

Kemal Palevi yang menjadi sutradara dan salah satu tokoh utama dalam film ini mengatakan media sosial memiliki andil dalam kehidupan saat ini. Pasalnya, media sosial mencerminkan pemilik akunnya. Sama halnya seperti kata-kata yang dilontarkan mulut.

Film ini, menurutnya, menggambarkan kehidupan anak muda masa kini yang tak bisa lepas dengan pengaruh media sosial, salah satunya situs berbagi video-YouTube.

"Barangkali pepatah lama, 'mulutmu, harimaumu' sudah tidak berlaku lagi di era sekarang ini karena untuk era sekarang mungkin pepatah yang lebih pas adalah 'social media-mu, harimau mu," ujarnya seusai press screening Film Youtubers di Epicentrum, Jakarta, Selasa (5/5/2015).

Ide cerita film ini pun muncul berdasarkan pengalaman pribadi Kemal saat membuat materi stand comedy tentang sebuah idol group yang memiliki banyak fans fanatik.

Penampilannya yang diunggah ke YouTube langsung dibanjiri protes keras dari fans idol group tersebut. Setelah kejadian itu, tutur Kemal, pihaknya langsung meminta maaf untuk meredam emosi fans.

"Saya sempat menjelek-jelekan salah satu personel JKT48 dan begitu video stand up itu tayang di YouTube, saya langsung diserang oleh fans-fans JKT48. Artinya, social media kalau digunakan dengan tidak bertanggung jawab akan menimbulkan masalah serius," katanya.

Dari situlah akhirnya dia memutuskan untuk menyajikan kisah tersebut ke layar lebar.

Menurutnya, membuat film tak terlalu sulit. Pasalnya, membuat film bagi Kemal hanya mempraktikkan ilmunya di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Kemal yang mengambil studi penyutradaraan mengaku hanya menerapkan apa yang diajarkan dosennya di kampus.

"Ini cuma meneruskan apa yang diajarkan dosen. Saya kan kuliah di IKJ ambil penyutradaraan," katanya.

Film yang tayang mulai 7 Mei 2015 ini menceritakan bagaimana kehidupan Jovi yang diperankan Jovial da Lopez dan adiknya--Andovi da Lopez yang rajin membuat video dan mengunggahnya ke YouTube.

Bersama rekannya, Roy--Selebriti YouTube Marlo Ernesto dan Erik--Salah Seorang Personel Grup RAN Rayi Putra, kakak beradik ini sukses mendulang banyak penonton.

Sampai suatu ketika 4 teman ini bergabung dengan Joni Jawahir yang diperankan Kemal Palevi yang dikenal memiliki banyak pelanggan akun YouTube.

Ternyata, Andovi tak setuju dengan keputusan itu. Bagaimana kelanjutan kisah Andovi dan Jovi? Dibumbui dengan adegan yang segar, film ini pun diramaikan oleh akting Sutradara Hanung Bramantyo, Aktris Donna Harun hingga Duo Srigala yang popularitasnya melejit melalui YouTube. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro