Kalbe Farma/kalbe.co.id
Health

Kalbe Farma Anggarkan Rp100 Miliar/Tahun untuk Riset

Rezza Aji Pratama
Kamis, 7 Mei 2015 - 22:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan farmasi naional, PT Kalbe Farma Tbk., menganggarkan Rp100 miliar untuk pengembangan produk baru setiap tahunnya.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma Vidjongtius menuturkan aktivitas R&D ini penting agar perseroan bisa menciptakan produk baru yang inovatif. Apalagi saat ini tengah terjadi pergeseran tren bisnis dari obat resep menuju obat generik.

“Secara jangka panjang obat generik tanpa merk memang akan memberikan margin yang lebih rendah. Oleh karena itu perseroan tengah menyiapkan portofolio produk baru melalui aktivitas riset dan pengembangan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (7/5/2015).

Di sisi lain, Kalbe tetap optimistis bisa mempertahankan margin laba di kisaran 16%-17% di tahun ini. Pada saat bersamaan perseroan justru merevisi target penjualan dan laba bersih. Keduanya diturunkan masing-masing menjadi 7%-9% dan 9%-11% dari sebelumnya 11%-13% dan 14%-16%.

Analis PT Mandiri Sekuritas Vanessa Ariati Tanuwijaya mengatakan bagi emiten yang struktur produknya mengandalkan obat resep akan mengalami penurunan margin. Pasalnya, implementasi sistem jaminan kesehatan nasional akan meningkatkan permintaan segmen obat generik.

Di sisi lain, margin keuntungan jenis obat ini sangat tipis jika dibandingkan dengan obat resep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro