Ilustrasi/Girlwithcurves.com
Konsultasi Fashion

KONSULTASI FASHION: Busana Kasual Hingga Pesta untuk Tubuh Gemuk

Andhina Wulandari
Kamis, 7 Mei 2015 - 13:19
Bagikan

Salam kenal,

Saya Rizky Putriyanti, ibu dari dua putri, pekerja kantoran, dan baru selesai melahirkan. Badan saya gemuk, berat 80 kg dan tinggi 156 cm. Mohon bantuan sarannya baju model apa yang pantas untuk saya, baju kantor, kasual, dan pesta. Terima kasih.

Rizky Putriyanti ([email protected])

Jawab:

Salam kenal juga. Sebaiknya kenali dulu beberapa aturan dasar berpakaian untuk perempuan bertubuh gemuk. Busana dalam warna-warna gelap bisa menyamarkan bentuk tubuh, karena itu tidak ada salahnya kamu memilih busana dalam warna-warna itu ketimbang warna-warna pastel.

Hindari motif yang terlalu besar dan ramai, karena bisa membuat kamu terlihat makin besar. Pilih motif berukuran kecil hingga sedang, serta pilih motif dengan perpaduan warna yang tidak terlalu banyak, misalnya 2-3 warna saja.

Untuk busana kantor, jika kamu percaya diri memakai rok, bisa memilih rok model A-line yang akan menyamarkan bagian pinggul. Pilih blus polos yang tidak memiliki banyak detail dan tumpuk dengan blazer berwarna gelap.

Kamu juga bisa menambahkan stocking warna hitam, yang bisa memberi efek melangsingkan pada betis. Sebaiknya pilih rok yang panjangnya mencapai lutut dan hindari rok yang terlalu ketat atau terlalu pendek.

Jika ingin memakai celana, maka bisa memilih celana model lurus atau skinny. Jangan lupa tambahkan aksesori ikat pinggang, supaya lekuk tubuh kamu tetap terlihat.

Untuk penampilan kasual, kamu bisa memilih rok bahan chiffon yang ringan. Modelnya pun bisa bermacam-macam, apakah itu rok midi atau bahkan rok asimetris yang gaya.

Apabila bagian rok sudah terlihat lebar dan mengembang, maka pilih busana atasan yang pas badan, misalnya blus lengan panjang atau blus dengan model v-neck.

Jika kamu senang memakai celana jeans, maka pilih celana jeans warna gelap, seperti hitam dan biru tua, yang akan memberi efek melangsingkan pada tubuh.

Terakhir, untuk busana pesta, kamu bisa memilih wrap dress yang akan sangat cocok dipakai oleh perempuan, terutama yang memiliki bagian dada besar. Jenis dress ini bisa membuat bentuk tubuh kamu terlihat, namun tetap terkesan sopan.

Agar penampilan terlihat proporsional, sebaiknya gunakan sepatu hak tinggi, setidaknya dengan hak 5 cm. Kamu bisa memilih sepatu hak yang tebal atau model wedges yang lebih nyaman jika tidak terbiasa memakai stiletto. (Bisnis.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro